Blogger templates

Senin, 10 Juni 2013

Menderita Lupus, Apa yang Harus Dilakukan?


Penyakit lupus.
Penyakit lupus.
Saya belum lama ini saya didiagnosis menderita lupus. Rasanya semua harapan dan cita-cita saya hancur sekali. Apa bisa disembuhkan ya dok? 
Intan (28 tahun)
Jakarta

Jawaban:
Untuk Mbak Intan disana, semoga selalu berkuat hati dan jangan menyerah ya. Terkait dengan kondisi yang dialami, maka perlu diketahui bahwa lupus dikenal sebagai penyakit autoimun di mana terdapat situasi tubuh menjadi alergi terhadap diri sendiri.
Pada lupus, tubuh melakukan reaksi yang berlebihan terhadap stimulus asing dan memproduksi banyak antibody atau protein yang melawan jaringan tubuh.Pada lupus yang ringan bisa disembuhkan dan terkadang bisa sembuh sendiri, tetapi pada lupus sistemik tidak.
Penyakit ini akan naik turun, gejalanya datang dan pergi tak menentu, terutama adanya faktor pemicu yang memunculkan kembali gejalanya. Tanda dan gejalanya beragam, antara lain demam, lesu, penurunan berat badan, rambut rontok, fotosensitifitas, adanya ruam kupu-kupu (butterfly rash), discoid rush, luka di mulut, radang sendi yang berpindah-pindah, radang paru, gangguan ginjal, gangguan saraf, kelainan darah, dan ditegakkan dengan pemeriksaan laboratorium antibodi positif.
Pengobatannya adalah dengan tindakan fisik serta obat-obatan penghambat penyakit yang secara medis diberikan oleh dokter. Tindakan fisik antara lain dengan menghindari faktor pemicunya, seperti stress, infeksi, obat-obatan, paparan sinar matahari yang berlebihan, merokok. Dapat diberikan makanan yang bergizi, adanya olahraga rutin (dengan menilik kemampuan individu).
Pada seseorang dengan adanya riwayat keluarga penderita lupus sebaiknya segera memeriksakan diri apabila muncul keluhan-keluhan yang mengarah ke penyakit lupus. Mbak Intan yang terhormat, ini bukan akhir dunia, berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kemudian berbicara mengenai bagaimana mekanisme pengobatan adalah hal yang terbaik. Jangan pernah hilang harapan, karena semangat positif yang akan menguatkan diri kita. Salam. (Yovi)

dr Yovita Mulyakusuma, MSc, SpPD
Spesialis Penyakit Dalam di RS Meilia Cibubur

0 komentar:

Posting Komentar