Blogger templates

Kamis, 23 Mei 2013

Jangan Biarkan Cacing Mata Bersemayam di Mata Anda

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Rabu, 22/05/2013 17:52 WIB
Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda

(Foto: thinkstock)

Jakarta, Cacing tidak hanya bersemayam di saluran pencernaan manusia. Sebab mata juga menjadi salah satu tempat favorit bagi cacing untuk bersarang. Hii, jangan biarkan cacing bersemayam di Mata Anda.

Dalam perbincangan dengan detikHealth pada Rabu, (22/5/2013) dr Gitalisa Andayani, SpM seorang spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana, menjelaskan bahwa umumnya larva cacing bisa masuk ke mata melalui aliran darah ke mata. "Ya memang bisa tapi jarang, umumnya larva masuk melalui kontak atau lewat aliran darah ke mata," ucap dr Gita.

Dr Gita pun menjelaskan bahwa adanya cacing di mata dapat menyebabkan kebutaan jika dibiarkan. Nah, untuk itu dr Gita menganjurkan untuk tetap menjaga kebersihan.

"Hidup dengan bersih, hindari kontak langsung dengan bahan kotor atau terkontaminasi," kata Gita. Keberadaan cacing di mata juga pernah ditangani oleh dr Thomas Ashley Mulamoottil.

Dikutip dari detikhealth, jenis cacing yang biasa ditemukan di mata adalah Loa loa yang awalnya ditemukan di Afrika, namun sekarang telah mencapai Asia karena dibawa oleh lalat bakau. Lalat inilah yang menyebarkan telur cacing melalui luka kecil ditubuh manusia.

Ketika parasit ini menginfeksi akan timbul iritasi pada mata, sakit, dan pelupuk mata menjadi bengkak. Bahkan jika cacing ini mati di dalam tubuh manusia dapat menimbulkan akibat fatal karena mencemari darah.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada vaksin khusus untuk Loa-loa filariasis ini. Jadi, jagalah kebersihan diri dan lingkungan untuk menghindari masuknya cacing ke dalam mata Anda.

0 komentar:

Posting Komentar