Blogger templates

Minggu, 29 Mei 2011

Defenisi karya ilmiah, skripsi, tesis, dan desertasi

karya ilmiah atau skripsi biasanya merupakan tugas akhir dalam menempuh perkuliahan. berikut adalah defenisi karya ilmiah, skripsi, thesis, dan disertasi.

Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok (kajian) yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan (Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke tiga). Sebuah makalah adalah tulisan ilmiah yang membahas pokok masalah tertentu dan pada umumnya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah dan karena merupakan tulisan resmi maka harus ditulis oleh yang ahli dalam bidangnya.

Karya tulis ilmiah adalah suatu bentuk publikasi ilmiah yang berisi tentang gagasan-gagasan dalam permasalahan yang dituangkan dalam sebuah tulisan dengan sistematika tertentu dan memiliki karakteristik keilmuan dan memenuhi syarat keilmuan. Biasanya karya tulis ilmiah adalah berupa paparan tulisan hasil penelitian.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skripsi diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis. Secara umum Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian dan/atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan strata satu (S1). Skripsi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3). (Dikutip dari artikel tentang skripsi dari salah satu blog dan katalog fpik undip).

Tesis adalah salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis adalah karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S2.

Disertasi adalah karya ilmiah mahasiswa untuk jenjang pendidikan S3 yang berupaya menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen.

Pengertian makalah, karya tulis ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi diatas saya kutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar