Blogger templates

Kamis, 12 November 2009

Kamus Istilah Internet Marketing

Kamus Istilah Internet Marketing yang Perlu Diketahui

Menyambung tulisan terdahulu tentang affiliate marketing, berikut ini kami tuliskan beberapa pengertian istilah yang terkait dengan internet marketing dan affiliate marketing (ditulis dari berbagai sumber).
A
Ad Blocker : Software dalam browser yang berfungsi mencegah tampilnya banner, Pop-up dan iklan-iklan interaktif lainnya.
Ad Copy : Kita pernah melihat iklan baris atau iklan lainnya di Koran? Nah, kata-kata iklannya itu di sebut 'Ad Copy' alias Naskah iklan.
Ad Impression / View : Tampilan iklan yang dilihat oleh pengunjung web pada webpage, newsletter atau email. Di Internet ada banyak perusahaan yang menjual iklan berdasarkan banyaknya tampilan.
Ad Space : 'Ruang iklan' dalam suatu website.
Add URL / Add Site / Add Page : Menambahkan halaman website pada sebuah search engine atau direktori online.
Affiliate : Orang yang membantu menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang mereka hasilkan.
Affiliate Agreement : Sebuah dokumen kontrak antara seorang affiliate dan seorang merchant (pemilik produk/jasa). Biasanya di dalamnya terdapat syarat dan ketentuan sebuah hubungan bisnis. Dokumen ini merupakan perjanjian legal yang mengikat.
Affiliate Fraud : Kegiatan ilegal yang dilakukan seorang affiliate untuk menghasilkan uang.
Affiliate Marketing : Pemasaran yang dilakukan seorang affiliate untuk memasarkan produk/jasa di internet.
Affiliate Program : Sebuah model bisnis yang membayar komisi kepada seseorang yang berhasil mendapatkan penjualan untuk merchant (pemilik produk/jasa) melalui link khusus.
Affiliate Program Directory : Sebuah web site yang berisi macam-macam program affiliate.
Affiliate Program Manager : Orang yang bertanggung jawab menjalankan program affiliate. Tugas seorang affiliate program manager adalah menjaga hubungan dengan affiliate secara teratur, menjalankan program marketing dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut masalah affiliate program perusahaan mereka.
Affiliate Software : Software yang digunakan oleh affiliate manager untuk memantau dan melaporkan kegiatan (klik, prospek, registrasi, penjualan) yang dihasilkan oleh affiliate-nya.
Affiliate Solution Provider : Sebuah badan usaha third party (pihak ketiga) yang menyediakan software, database support, affiliate ID dan link-tracking serta jasa pembayaran untuk para merchant yang memiliki program affiliate.
Affiliate URL / Affiliate Link : Link khusus yang berisi kode tertentu untuk bisa mengenali; hasil penjualan, atau prospek milik seorang affiliate.
Anonymous FTP (File Transfer Protocol) :Pada umumnya, anonymous FTP digunakan untuk meng-upload files ke web server atau untuk men-download aplikasi.
AOL Search : Search engine yang dapat digunakan oleh siapa saja -bukan hanya pelanggan akses internet AOL- yang memiliki akses ke internet.
Archive : Sebuah halaman situs yang berisi link-link menuju file lain agar penyimpanannya lebih efisien. Archive biasa dipakai untuk membuat salinan atau koleksi data-data terdahulu seperti kumpulan update, newsletter, dan lain-lain.
Associate : Kata lain dari affiliate.
Attachment : Fasilitas pada sebuah program email yang dapat digunakan untuk mengirimkan file atau gambar yang diikutsertakan pada email yang akan dikirim.
Authorization : Authorization menunjukkan bahwa pemegang kartu kredit memiliki kredit yang cukup untuk melakukan pembelian.
Autoresponder : Software yang akan mengirim pesan email secara otomatis pada jadwal yang kita atur sendiri. Pesan email kita akan terkirim secara otomatis saat pelanggan memasukan informasi email mereka melalui form yang terdapat pada situs.
B
B2B / BtoB (Business-to-Business) :Perdagangan yang lebih diutamakan antara sesama pelaku bisnis daripada antara para pelaku bisnis dan konsumen.
B2C / BtoC (Business-to-Consumers) : Perdagangan antara para pelaku bisnis dan konsumen.
B2G / BtoG (Business-to-Government) :Perdagangan antara para pelaku bisnis dan pemerintah.
Banner Ad : Sebuah iklan bergambar, serupa dengan billboard dan dipasang pada situs.
Bit :Singkatan dari binary digit. Unit terkecil data dalam sebuah komputer. Satu bit memuat satu Boolean value yaitu, 0 atau 1.
Bookmark : Pencatat elektronik dalam browser yang berisi alamat-alamat webpage yang kita senangi di Internet. Dalam browser Microsoft Internet Explorer, 'pencatat' ini disebut "Favorites", sedangkan dalam browser Netscape dan Mozilla Firefox disebut "Bookmarks".
Bounce : Kiriman email yang kembali kepada si pengirim karena alamat yang dituju tidak ada, salah ketik, atau kelebihan kapasitas alias email yang dituju penuh.
Bps (bits per second) : Satuan ukuran yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik.
Brand Marketing : Konsep marketing sebuah produk, jasa, atau perusahaan untuk mengidentifikasi perbedaan manfaat dan kualitasnya dengan jelas.
Browser : Sebuah program yang memungkinkan pengguna internet mengakses dan membaca dokumen yang ditulis dalam hypertext pada world wide web (www) yang terkoneksi dengan internet. Browser yang paling populer saat ini adalah Internet Explorer, Opera, Mozilla dan Netscape.
Byte : Sebuah kelompok yang terdiri dari delapan (8) bits yang digunakan untuk menggambarkan sebuah karakter seperti huruf (a), bilangan (1), atau simbol tipografi (?).
C
Cache/ Caching : Sebuah tempat untuk menyimpan sesuatu sementara waktu untuk akses yang lebih cepat di kemudian hari. Biasanya webpages ditempatkan di browser's cache directory dalam suatu hard disk atau lokal proxy server.
Cardholder : : Pemegang kartu kredit atau kartu debit.
Card Issuing Bank : Bank yang menerbitkan kartu kredit atau kartu debit kepada individu atau perusahaan.
CC (Carbon Copy) : Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat utama yang dituju.
CGI (Common Gateway Interface) : Cara sebuah web server untuk menyampaikan permintaan pengguna web kepada program aplikasi dan untuk menerima data kembali untuk disampaikan kepada pengguna tersebut. CGI biasanya digunakan untuk memproses online forms.
Charge Back : Pengembalian produk/uang yang dibeli oleh pelanggan sehingga mengakibatkan pembatalan komisi affiliate.
Chat Room : Tempat para pengguna web untuk berkomunikasi secara langsung.
Client : Sebuah program software yang digunakan untuk mengontak dan mendapatkan data/informasi dari program software pada komputer lain. Misalnya, program email
Eudora adalah sebuah email 'client'.
Clip Art : Koleksi gambar dan animasi
Co-Branding : Permohonan menempatkan logo, nama perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan merek produk/perusahaan kita pada sebuah produk atau situs.
Conversion Rate : Persentase pengunjung sebuah website yang memiliki keinginan untuk melakukan tindakan (seperti mengklik, registrasi, subscribe, membeli, dsb).
Cookies : Kode tertulis yang disimpan sebuah website pada hard disk komputer pengunjungnya agar bisa mengingatkan sesuatu pada pengunjung tersebut di lain waktu. Misalnya, cookies mencatat untuk komputer prospek kita setelah ia mengklik suatu affiliate link. Cookies digunakan agar bisa mengidentifikasi affiliate mana yang harus diberi komisi.
Cost-Per-Sale : Harga yang berhubungan dengan pembayaran komisi kepada advertiser untuk setiap penjualan dalam suatu affiliate.
CPA (Cost-Per-Action) : Biaya yang dibebankan kepada advertiser untuk setiap pengunjung yang melakukan beberapa aksi special dalam merespon suatu diluar iklan, seperti menjadi pelanggan newsletter.
CPC (Cost-Per-Click) : Biaya untuk setiap klik pada link iklan PPC (Pay Per Click).
CPL (Cost-Per-Lead) : Biaya yang didapat advertiser untuk setiap prospek yang didapat oleh affiliate.
CPM (Cost-Per-Thousand) ; Jumlah yang kita bayar untuk seribu (1.000) impression iklan banner pada situs orang lain.
CPO (Cost-Per-Order) : Biaya iklan berdasarkan banyaknya order yang diterima.
CPT (Cost-Per-Transaction) : Biaya iklan berdasarkan banyaknya transaksi yang dilakukan.
Crawler / Spider / Bot : Program yang mengunjungi dan membaca webpage untuk membuat catatan dalam indeks search engine.
CRON Script / CRON Job : Daftar dari satu atau lebih perintah dalam sistem pengoperasian komputer atau application server yang diproses dalam waktu tertentu.
CTR (Click Through Rate / Ratio) : Persentase ad impression yang dihasilkan melalui klik.
Cybercafe : Sebuah tempat, biasanya sebuah coffee shop, yang menawarkan akses internet kepada publik.
D
Database : Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data.
Dedicated Server : Peminjaman dan penggunaan secara eksklusif sebuah komputer yang termasuk web server, software terkait, dan koneksi ke internet, disimpan dalam perusahaan web hosting.
Deep Linking : Linking ke halaman lain yang ada dalam suatu website.
Demographics : Karakteristik fisik suatu populasi seperti umur, jenis kelamin, status, jumlah keluarga, pendidikan, lokasi geografi, dan pekerjaan.
DHTML (Dynamic HTML) : Tipe lanjutan dari HTML yang mengandung lebih banyak keistimewaan, seperti animasi.
Dial-Up Connection : Metode koneksi ke Internet Service Provider menggunakan koneksi telepon dalam sistem banyak line yang dibagi ke banyak pengguna. Koneksi dial-up dapat dijalankan secara manual atau secara otomatis oleh modem komputer atau perlengkapan lainnya.
Disclaimer : Disclaimer merupakan pernyataan pemilik copyright dalam suatu situs yang berisi tentang suatu informasi agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta .
Discussion Forums : Forum diskusi dalam suatu situs dimana orang-orang dapat berdikusi secara terbuka membahas bermacam-macam topik.
DNS (Domain Name Server) : Mesin yang menerjemahkan nama domain internet, seperti www.google.com ke internet protocol (IP) dengan alamat berupa nomor seperti misalnya: 216.239.51.100.
Domain : Definisi alamat di internet, yang juga merujuk ke sebuah negara dimana situs web tersebut igunakan. Misalnya "co.id" untuk Indonesia. Sedangkan "co" atau "com" digunakan untuk lembaga komersial dan "net" untuk lembaga yang berhubungan dengan internet.
Doorway / Bridge / Entry / Gateaway / Information Page
Doorway page merupakan halaman informasi yang dibuat untuk mengurutkan kedudukan tertinggi dalam search engines untuk frasa keyword khusus atau search engines yang spesifik.
Download
Mentransfer suatu file dari internet ke komputer.
E
E-book / Ebook
Versi elektronik dari print book tradisional yang dapat dibaca dalam komputer pribadi atau dalam perangkat khusus pembaca e-book.
E-Commerce / Ecommerce (Electronic Commerce)
Membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Email / Email (Electronic Mail)
Surat menyurat melalui internet. Para pengguna dapat saling bertukar informasi. Informasi tersebut akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca informasi yang ditujukan kepadanya kapan saja.
Email Discussion Lists
Sama dengan forum diskusi, tetapi diskusi ini dilakukan melalui email, tidak melalui web.
Email Marketing
Proses marketing yang dilakukan melalui email.
Email Signature
Sebuah pesan singkat yang menjadi kalimat penutup pada setiap email yang dikirim oleh seseorang. Email signature isinya bisa berupa affiliate links, link situs yang relevan, penawaran gratis dan pesan-pesan iklan. Lihat juga Signature File.
Encryption
Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektif untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-encryp, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-decryp pesan tersebut. Data yang tidak di-encryp disebut plain-text, sedangkan yang di-encryp
disebut cipher text.
EPC (Earning Per Click)
EPC adalah rata-rata pendapatan kita per klik. Jumlah ini diperoleh dari hasil pembagian pendapatan kita dengan banyaknya klik. Contohnya, jika kita mendapatkan klik sebanyak 100 kali dan setiap klik harganya $5.00, maka nilai EPC adalah $0.05.
EZINE
Suatu majalah atau newsletter elektronik, yang biasanya dikirim melalui email.
F
Favorites
Suatu cara untuk menyimpan alamat sebuah file atau webpage untuk referensi lebih lanjut di Microsoft Internet Explorer browser.
FFA (Free For All)
Page link dimana semua orang dapat menambahkan link. Fasilitas ini, sebaiknya dihiraukan saja karena hanya akan mendatangkan email-email spam.
File Transfer Protocol (FTP)
Cara yang paling umum untuk memindahkan files antar komputer, server, dan situs-situs internet.
Fire Wall
Hardware atau software yang berfungsi untuk memisahkan sebuah LAN (Local Area Network) menjadi dua bagian atau lebih, demi kepentingan keamanan.
Flame
Pesan yang isinya menghina atau menghasut yang dikirim melalui email, atau dikirim ke sebuah forum atau newsgroup.
Flash
Software tekenal yang dikembangkan oleh Macromedia. Software ini digunakan untuk mendesain dan manghasilkan animasi-animasi low-bandwith, presentasi, aplikasi, dan website. Untuk mendapatkan tampilan Flash File, users harus terlebih dahulu meng-install Macromedia Flash player. http://www.macromedia.com atau http://www.macromedia.com/software/flash/
Footer
Sering digunakan untuk menunjuk bagian terbawah dari sebuah halaman web.
Frames
Frames memungkinkan kita untuk menampilkan halaman web dalam sebuah windows/subwindows yang multiple dan independent, dimana informasi tertentu dapat terus nampak, sementara isi/content windows yang lain dapat di-scroll atau diganti.
Freeware
Freeware adalah software yang dapat kita download dan pakai secara gratis. Pemilik dari software ini masih memiliki hak ciptanya sehingga kita tidak bisa menggunakan kode software tersebut untuk keperluan apapun.
FTP (File Transfer Protocol)
Suatu cara untuk mentransfer file, seperti halaman web, di internet. Khususnya digunakan untuk meng-upload halaman web dan gambar ke host server. Server kemudian mengirimkan halaman-halaman yang diminta kepada user melalui internet.
FTP server
Komputer di internet yang menyimpan semua file yang akan ditransmisikan oleh FTP.
G
Gateway
Komputer yang menghubungkan sebuah network (jaringan) dengan network lainnya. Sering digunakan dalam perdagangan sebagai gateway (jalan) antara merchant/
pedagang dan bank.
Gateway Page
Dikenal juga dengan sebutan lainnya yaitu: bridge pages, doorway page, entry pages, portals atau portal pages, digunakan untuk memperbaiki penempatan search engine. Peringatan: beberapa search engine akan menolak sebuah situs secara keseluruhan jika keberadaan doorway/gateway pages terdeteksi.
Giga-
Awalan yang berarti satu miliar (1.000.000.000) bits.
Gigabit
Dalam data komunikasi, satu gigabit berarti satu miliar (1.000.000.000) bits.
Gigabyte
Ukuran untuk kapasitas penyimpanan data komputer. Satu gigabyte adalah 1.073.741.824 bytes.
Google
Google adalah search engine yang paling populer di dunia.
Guerrilla marketing
Teknik marketing baru yang mampu menghasilkan pendapatan maksimum dengan jumlah pengeluaran minimum.
H
Header
Bagian teratas dari sebuah email yang berisikan tentang informasi email itu sendiri; alamat "Kepada" dan "Dari", tanggal pengiriman, subject, dan lain-lain. Header biasanya juga digunakan untuk menunjuk bagian teratas dari sebuah halaman web.
Hidden links
Menambahkan links dari home page atau site map ke doorway atau hallway pages, sehingga search engines dapat bergerak dan mengindeksnya, sambil menjaga links tersebut agar tetap tidak terlihat oleh si pengunjung.
Hit
Permintaan untuk sebuah file, seperti HTML, image, audio, atau file lainnya dari web server. Untuk me-load sebuah halaman dengan 5 buah graphics dihitung sebagai 6
hits, 1 untuk halaman ditambah 1 untuk setiap graphics tersebut. Walaupun begitu, hits bukan ukuran yang sangat bagus suatu traffic sebuah website.
Home page
Entry page /halaman awal atau utama dari sebuah website.
HTML (Hypertext Markup Language)
Bahasa yang digunakan untuk menulis webpages di Web. HTML sebuah halaman web biasanya ditambah dengan akhiran .htm, .html, atau .shtml.
HTML banner
Iklan banner yang mencakup elemen-elemen HTML, seperti bentuk-bentuk interaktif atau pull-down menu.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Protocol yang digunakan oleh web servers untuk mengirim dan menerima informasi. Digunakan juga untuk menukar teks, gambar grafik, suara, video, dan file multimedia lainnya di web. Semua URL halaman web diawali dengan "http", meskipun penggunaannya bersifat bebas-pilih.
HTTPS (Secure Hypertext Transfer Protocol)
Tambahan keamanan dari HTTP. Program ini melindungi encrypts dan decrypts permintaan dari halaman web. Setiap kali kita membayar barang yang kita beli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian kartu kredit kita.
Hybrid Model
Bentuk komisi affiliate yang menggabungkan cara-cara pembayaran yang berbeda.
Hype (Hyperbole)
Pernyataan membesar-besarkan yang disengaja untuk efek emosional. Tujuannya bukan untuk mendapatkan pemahaman yang harfiah.
I
ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers)
ICANN adalah badan hukum swasta non-profit yang bertanggung-jawab untuk mengeluarkan IP address, sistem manajemen nama domain (.com, .net dan .org). http://www.icann.org
ICQ ("I Seek You")
ICQ adalah sebuah system pesan instan populer yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling bertukar pesan. http://www.icq.com
IFrame (inline frame)
Floating frame yang dipasang di dalam halaman web.
IM (Instant Messaging)
Sistem yang memperbolehkan para pengguna internet untuk bertukar pesan secara elektronik (melalui internet, ponsel, WebTV, PDAs, dan lain-lain.).
Incoming link
Link yang datang ke situs kita dari situs lain.
Inktomi
Search engine yang digunakan untuk memberikan hasil-hasil pencarian sejumlah search engine terkenal. Alat ini sekarang hanya dimiliki oleh Yahoo.
Internet
Sistem komputer global yang dihubungkan secara bersamaan untuk saling berkomunikasi.
Internet Service Provider (ISP)
Perusahaan yang kita panggil dari komputer kita untuk mendapatkan akses ke internet.
IP Address
Nomor unik yang terdiri dari 4 bagian yang dipisahkan oleh titik, contoh 165.115.245.2. Setiap mesin di internet memiliki IP address yang unik.
Inventory
Jumlah keseluruhan dari ad impressions dimana sebuah website atau newsletter siap untuk menjualnya dalam kurun waktu tertentu.
IRC (Internet Relay Chat)
Sistem yang memungkinkan para pengguna internet untuk chatting satu sama lain saat itu juga.
J
Java
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi lengkap atau modul aplikasi sederhana atau applets sebagai bagian dari sebuah halaman web.
Javascript
Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems, dirancang untuk menulis program yang dapat di-download ke komputer kita melalui internet dan dapat segera dijalankan tanpa rasa takut karena virus atau bahaya-bahaya lainnya. Program ini memerlukan sebuah browser yang sesuai dengan Java. Dengan menggunakan program Java yang sederhana saja, halaman web kita dapat memasukan animasi, kalkulator, dan tampilan lainnya.
Joint Venture
Kerjasama umum yang secara khusus dirancang untuk menjalankan sebuah transaksi bisnis khusus atau sebuah proyek.
K
K/KB (kilobyte)
Ukuran memori komputer. Satu kilobyte sama dengan 1.024 bytes.
Kbps ( kilobits per second)
Dalam data komunikasi, kilobits per second (thousands of bits per second) merupakan ukuran seberapa cepat data dapat ditransfer dalam jaringan, seperti koneksi internet.
Keyword
Suatu kata yang digunakan sebagai referensi dalam menemukan kata-kata lain atau suatu informasi.
Keyword density
Rasio atau hasil perbandingan antara kata kunci (keyword) yang dicari dan jumlah total kata yang muncul dalam satu halaman web. Jika keyword kita hanya muncul, misalkan, sekali, dalam sebuah halaman halaman yang memiliki 2.000 kata, maka kepadatannya (density) adalah 0,005 persen.
Keyword frequency
Intensitas (berapa kali) munculnya frasa keyword yang terdapat dalam satu halaman.
Keyword proximity
Kemiripan antara dua atau lebih keyword.
Keyword stuffing
Pengulangan keyword dan frasa keyword dalam meta tag dan tempat lain dalam halaman HTML.
Kilo-
Awalan yang menyatakan ukuran satu ribu ( 1.000 )
Kilobit
Dalam data komunikasi, kilobit digunakan untuk menyatakan ukuran satu ribu(1.000) bits
L
Lifetime value of a customer
Jumlah nilai penjualan dalam dollar bisa diperkirakan, yakni jumlah pengeluaran pelanggan untuk pembelian produk/jasa affiliate kita yang diharapkan.
Link/ hyperlink
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau internet. Misalnya www.AsianBrain.com
Link checker
Program software atau jasa online yang digunakan untuk memeriksa kerusakan link dalam sebuah situs.
Link popularity
Ukuran kepopuleran suatu situs yang dinyatakan dalam jumlah dan kualitas hubungan links ke dalam sebuah situs.
Link text
Suatu teks yang langsung terhubung ke suatu link.
Long domain name
Nama domain yang mengandung lebih dari 26 karakter. Batasnya sampai 67 karakter , termasuk extension(.com, .net, etc.) yang disediakan.
Long file
Rekaman semua permintaan untuk file individual yang diminta dari suatu website.
Login
Proses untuk masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama/username dan password.
M
Mailing List
Daftar orang yang menerima email secara rutin dalam topik dan periode tertentu atau bisa disebut juga sebagai forum diskusi melalui email.
MB (Megabyte)
Ukuran memori komputer. Satu megabyte sama dengan 1.048.576 bytes, atau 8.388.608 bits.
Mbps (megabits per second)
Suatu ukuran untuk mengetahui berapa cepat data bisa tersebar dalam sebuah transmisi yang digunakan, dalam hal ini adalah koneksi Internet.
m-commerce/mcommerce(mobile commerce)
Transaksi bisnis yang dilakukan lewat mobile phone seperti teknologi WAP.
Media Kit
File yang berisi informasi mengenai penjelasan bisnis atau produk.
Media Planner
Orang yang mengatur perencanaan kampanye iklan (ad campaigns).
Mega
Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000).
Megabit
Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000) bits.
Merchant
Tempat pemasaran dan penjualan barang atau jasa di Internet.
Merchant Acccount
Rekening bank komersial yang dibuat berdasarkan perjanjian yang telah disepakati oleh pihak pengelola bisnis dan pihak bank. Merchant account ini, memungkinkan pihak pengelola bisnis menerima pembayaran dari pelanggannya melalui kartu kredit. Untuk lebih simple-nya merchant account ini sama seperti 'tabungan' atau nomor rekening di bank.
Merchant Agreement
Perjanjian yang harus disepakati antara Merchant dengan Provider Merchant Acccount.
Meta Refresh
Sebuah kode yang dibuat dalam sebuah halaman website sehingga pengunjung website bisa secara otomatis berpindah ke halaman yang baru.
Meta Tags
HTML tags dalam sebuah halaman web yang mendeskripsikan beberapa aspek content dari halaman web tersebut. Dalam ilmu komputer, awalan "meta" berarti mengenai atau mendeskripsikan. Misalnya "meta data" berarti data yang mendeskripsikan data lain atau data mengenai data lain.
Meta Tag Generator
Sebuah software atau pelayanan online yang menyediakan meta tags berdasarkan informasi yang telah dimasukan.
Mini Site
Website yang terdiri dari 1 atau 2 halaman yang hanya fokus pada satu tema, atau satu produk barang/jasa.
Mirror Site
Situs asli yang di-copy ke komputer server yang lain dengan tujuan untuk mengurangi traffic jaringan dan biasanya harus selalu di-update secara rutin untuk memastikan bahwa isi website copy ini sesuai dengan website aslinya.
Moderator
Seseorang yang memimpin sebuah forum diskusi online.
MOTO (Mail Order/Telephone Order)
Suatu transaksi pembayaran tanpa sebuah kartu, transaksi ini dilakukan melalui telepon atau email secara online di website.
MPEG (Moving Picture Experts Group)
Jenis format file yang biasa digunakan untuk file video dalam sebuah website. Penulisan file ini biasanya berakhiran dengan ".mpg" atau ".mpeg".
Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME)
Memfasilitasi email supaya bisa menyimpan data selain teks, seperti fileAudio dan Video.
Multi-Level Marketing (MLM)
Penjualan suatu produk berupa barang/jasa melalui sebuah grup distributor independen yang menjual secara borongan atau eceran dan mensponsori orang lain untuk melakukan hal yang sama.
MySQL
Sistem manajemen database gratisan yang menggunakan SQL ( Structured Query Language) sebagai bahasa yang umum digunakan untuk menambah, mengakses dan memproses data dalam sebuah database.
N
Netiquette
Kependekan dari "Internet Etiquette". Etiket dalam diterapkan dalam internet atau email yang antara lain meliputi aturan dalam mengirimkan email.
Network
Kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain.
News server
Komputer yang bertugas menerima, menyimpan dan menyediakan informasi untuk pengguna newsgroup dalam bentuk pesan.
Newsgroup
Diskusi mengenai topik tertentu yang dilakukan secara online. Diskusi ini biasa dilakukan lewat email, supaya setiap orang yang bergabung dengan newsgroup ini bisa
ikut mengirimkan email dan baca hasil kiriman tersebut.
News reader
Sebuah program yang memungkinkan orang untuk membaca dan merespon pesan yang dikirimkan ke pengguna newsgroups.
Newsletter/ezine
Newsletter atau ezine (electonic magazine) adalah majalah elektonik berisi kumpulan informasi yang didistribusikan melalui email atau dipublikasikan melalui sebuah website.
Newbie
Pengguna internet pemula.
O
Offline
Tidak terhubung ke jaringan internet.
Online
Terhubung ke jaringan internet.
Open Directory Project / Dmoz
Kumpulan situs (dengan berbagai macam topic) terbesar di Internet.
Opt-in email
Email yang diminta oleh pengunjung yang terlebih dulu dengan melakukan subscribe ke sebuah website atau melalui email.
Opt out email
Sama halnya seperti opt-in email, namun pengunjung lebih memilih untuk tidak bergabung ke mailing list sebuah website.
OS (Operating System)
Sebuah program yang menyediakan fungsi dasar dari komputer. Contohnya, sistem operasi dari Windows, MacOS dan Linux
Outgoing link
Link di website kita yang menuju ke website yang lain.
Overture
Suatu search engine yang sebelumnya dikenal sebagai GoTo.com, yang bisa memproses lebih banyak pay per click dibanding search engine lain yang sejenis.
P
Page jacking/ Pagejacking
Pencurian content asli dari suatu situs untuk dipublikasikan kembali pada situs lain.
Page view/ impression
Banyaknya jumlah halaman web yang dikunjungi
Pay Per Click advertising
Jenis iklan dimana pemasang iklan membayar untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung suatu website.
PDF (Portable Document Format)
Format file yang mencakup semua jenis dokumen yang bisa dicetak, seperti sebuah gambar elektronik yang dapat kita lihat, edit, cetak dan kirim. Untuk menampilkan file FDF, kita membutuhkan Acrobat Reader. Setelah kita men-download, program tersebut akan berjalan otomatis pada saat kita membuka file PDF.
Perl (Practical Extraction and Reporting Languages)
Bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk mengembangkan program CGI (Common Gateway Program)
Ping (Packet Internet or Inter-Network Groper)
Program internet dasar yang memungkinkan kita untuk memeriksa keberadaan alamat IP khusus yang ada dan dapat menerima perintah.
Pixel
Sebuah titik cahaya pada monitor komputer.
Plug in
Bagian kecil dari suatu software yang menambahkan fitur-fitur ke bagian yang lebih besar dari software tersebut.
Pop-over
Sebuah jendela browser baru yang muncul di atas jendela browser yang sedang ditampilkan -kebalikan dari yang muncul di bawah- yang menampilkan halaman web
lain atau iklan.
Pop-under
Sebuah jendela browser baru yang muncul di bawah jendela browser yang sedang ditampilkan, untuk menampilkan halaman web lain atau iklan.
Pop-up
Jendela browser baru yang muncul didepan jendela browser yang sedang ditampilkan.
Portal
Website yang didesain sebagai titik awal seseorang menjelajah internet. Umumnya portal-portal seperti Yahoo.com, Netscape.com menawarkan segalanya, kecuali portal-portal khusus seperti CNBC.com untuk para investor dan women.com yang hanya melayani pengguna yang mempunyai minat tertentu saja.
Posting
Pesan yang masuk ke dalam newsgroup atau panel pesan (messageboard).
PPA (Pay-Per-Action)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk tindakan tertentu yang dihasilkan oleh affiliate.
PPC (Pay-Per-Click)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang melalui situs affiliate.
PPL (Pay-Per-Lead)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap prospek yang dihasilkan oleh affiliate.
PPS (Pay-Per-Sale)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh affiliate.
Privacy policy
Sebuah pernyataan resmi mengenai sebuah website berupa: Jenis informasi, pribadi yang dikumpulkan, Bagaimana informasi tersebut digunakan, Bagaimana seseorang dapat mengakses datanya sendiri, Bagaimana seseorang dapat memilih untuk tidak melakukan sesuatu, Jenis tindakan pengamanan yang ditempatkan untuk melindungi informasi penggguna selama proses penggumpulan data maupun pengambilan data. Juga dapat berarti kebijakan yang menentukan bagaimana sebuah perusahaan mengumpulkan dan menggunakan informasi mengenai transaksi dan rekening pelanggannya.
Privacy seal program
Program yang menjamin pemilik website menuruti kebijakan privasi yang dianjurkan bagi website-nya.Contoh :
Proxy server
Tempat penyimpanan web content untuk memberikan akses yang lebih cepat bagi para pengguna, pada saat permintaan baru dibuat untuk content yang sama.
Q
Query
Meminta informasi, biasanya melalui search engine.
QuickTime
Format file multimedia dan video berupa kombinasi suara, tulisan, animasi dan video dalam satu file. Format ini dikeluarkan oleh Apple Computer.
R
Rate card
Informasi harga dari berbagai pilihan iklan.
Reciprocal link
Pertukaran link secara langsung menuju dan dari suatu situs.
Rectangle ad
Tujuh format unit iklan marketing interaktif baru yang diperkenalkan oleh Biro Periklanan Interaktif (Interactive Advertising Bureau) yang didesain untuk memudahkan para marketer agar semakin interaktif dan kreatif.
Referrer
URL atau alamat situs asal dari pengunjung.
Referring URL
Pengunjung yang datang ke situs Kita.
Repeat visitor
Pengunjung unik yang mengakses sebuah situs lebih dari satu kali melebihi periode tertentu.
Residual earnings
Penghasilan per bulan yang diperoleh dari komisi penjualan sebuah program affiliate.
Return on Advertising Spend (ROAS)
Seberapa besar pendapatan yang dihasilkan per bulannya melalui sebuah metode periklanan.
Rich media ad
Iklan di internet yang berisi elemen-elemen interaktif seperti video, suara, musik, lembar permintaan (request form), dan permainan.
Robots.txt file
Robots.txt file mengijinkan kita untuk memerintahkan robot-robot search engine untuk tidak mengindeks halaman, direktori dan files tertentu pada server.
RON (Run of Network)
Iklan-iklan yang dijalankan pada beberapa atau semua ruang iklan yang melalui jaringan situs-situs.
ROS (Run of Site)
Iklan-iklan yang dijalankan pada beberapa atau seluruh ruang iklan yang melalui sebuah situs.
S
Screensaver
Program atau gambar bergerak yang diaktifkan pada suatu komputer yang akan muncul pada saat komputer tersebut tidak sedang digunakan setelah beberapa waktu tertentu.
Scumware
Software yang berisi 'fitur' tambahan untuk menampilkan iklan. Software ini akan memodifikasi halaman web dari content asli untuk memasang iklan pada layar komputer pengguna. Contoh-contoh scumware: Gator, Ezula, Surf+ dan Imes.
Search engine
Satu set program-program yang meliputi antara lain :
Spider (bot atau robot, perayap) yang mencari dokumen-dokumen website yang ingin dimunculkan dan mengikuti hypertext links untuk memunculkan kembali dokumen web lainnya
Program yang menciptakan sebuah indeks dari dokumen-dokumen yang ditampilkan kembali oleh spider.
Program yang menerima perintah pencarian, membandingkannya dengan kata-kata kunci yang terdapat pada indeks dan memberikan hasilnya kepada Kita.
Search engine optimization/ positioning/ placement
Search engine optimization memfokuskan posisi dan penempatan situs pada search engine, yang merupakan sebuah konsep lain untuk meningkatkan desain sebuah situs
dan content untuk memperoleh peringkat yang lebih tinggi pada search engine.
Search engine submissions/ registration
Search engine submissions memfokuskan agar situs kita diindeks oleh search engine dan web directory, sehingga orang dapat menemukan situs Kita.
Search item/ phrase
Kata atau frasa yang dimasukan oleh mesin pencari pada search engine dan form pada web directory search.
Search term suggestion tool
Alat yang menampilkan seberapa banyak kata kunci yang dicari selama masa penawaran yang diberikan selama satu bulan.
Secure server
Web server yang menggunakan teknologi encryption (mengubah format plain text menjadi kode-kode) untuk mencegah pengguna yang tidak mempunyai hak memperoleh dan membaca pesan yang penting yang dikirim melalui internet.
Server
Komputer program yang menyediakan layanan-layanan untuk program komputer lain pada komputer yang sama atau komputer yang lain. Contohnya, koneksi email, FTP, Usenet dan HTTP.
Server logs
Informasi yang dicatat pada server log, pada waktu seorang pengguna mengakses sebuah website. Server log berisi informasi mengenai halaman apa, di mana diaksesnya yang berhubungan dengan waktu dan tanggal serta alamat IP komputer kita. Data statistik lainnya juga bisa dilacak termasuk username, jenis browser, halaman yang pernah dibuka dan sebagainya.
Session cookie
Cookie sementara yang disimpan pada RAM komputer untuk penggunaan selama sesi pengguna. Ketika pengguna keluar, cookie tersebut dibuang.
Shareware
Software yang diberikan secara gratis dalam bentuk uji coba (trial) yang diasumsikan bahwa banyak yang membutuhkan atau mau membelinya di kemudian hari. Biasanya program shareware penggalan dari sebuah program yang dimaksudkan agar si pengguna tertarik untuk membeli versi yang lengkap.
Shockwave
Program yang dikeluarkan oleh Macromedia yang bertujuan untuk menampilkan media yang interaktif pada suatu website.
Shopping cart
Katalog online interaktif yang dapat ditampilkan, ditambah atau dihilangkan ke dan dari 'keranjang' (cart) tersebut.
Site map
Sebuah model visual dari sebuah content website yang memungkinkan pengguna menemukan informasi yang dicarinya dalam suatu website. Biasanya, peta situs disusun secara hierarkis, mengelompokan informasi website tersebut pada area subyek yang spesifik secara bertingkat.
SIG (Signature File or Sig Line)
Tanda tangan kita pada bagian akhir sebuah email atau Usenet. Umumnya berisi alamat email kita dan informasi kontak lainnya, informasi yang singkat mengenai bisnis kita, mungkin juga sebuah kutipan favorit kita, bahkan kalimat yang lucu.
Site search
Pencarian suatu website tertentu.
Skyscraper ad
Iklan-iklan banner online yang memanjang ke bawah yang biasanya ditampilkan pada sisi kanan atau kiri halaman web.
Slurp
Sebuah nama robot dari spider search engine inktomi.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Sebuah metode yang digunakan pada komputer untuk mengirim dan menerima email.
Splash page
Halaman pertama yang biasanya berupa home page dari sebuah website yang berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat, juga sebagai promosi atau penuntun menuju halaman web berikutnya.
Spyware
Disebut juga adware, sebuah program tersembunyi dalam software yang bebas di-download, untuk mengirimkan informasi pengguna melalui internet kepada pengiklan.
Sponsored feature listings
Iklan link berupa teks yang umumnya ditampilkan pada bagian atas halaman sebuah search engine, sebelum proses pencarian dimulai.
SQL (Structured Query Languages)
Bahasa pemrograman untuk mengambil dan memperbaharui informasi ke dan dari suatu database.
SSL (Secure Sockets Layer)
Sebuah protocol yang digunakan untuk mengatur keamanan pengiriman dokumen pribadi atau rahasia melalui internet. SSL menggunakan sistem cryptographyc yang menggunakan dua 'kunci' untuk meng-encryp data (proses pengubahan teks menjadi sebuah kode) satu kunci umum yang diketahui banyak orang dan satu lagi adalah kunci rahasia yang hanya diketahui oleh penerima pesan-. Banyak website menggunakan protocol tersebut untuk mendapatkan informasi rahasia pengguna, seperti
nomor kartu kredit. Sesuai aturannya, URL yang menggunakan koneksi SSL, dimulai dengan "https" (bukannya "http").
Surf
Istilah lain untuk browsing di internet.
T
Target audience
Sebuah kelompok yang menjadi target pengiklan yang biasanya berdasarkan demografi, minat, pola pembelian produk, pemakaian produk atau pemakaian media
Target marketing
Proses membedakan kelompok-kelompok yang berbeda yang akan menciptakan pasar, dan pengembangan produk-produk yang tepat dan gabungan pemasaran untuk setiap target pasar yang terlibat.
Targeting
Pembelian ruang iklan yang sesuai dengan keperluan sasaran audiens dan kampanye.
TCP/IP (transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Bahasa pemrograman dasar (basic) atau protocol internet.
Text ad
Iklan yang menggunakan link yang berbasis teks.
Third party credit card processing
Sebuah perusahaan yang menerima permintaan kartu kredit atas nama perusahaan lain, sehingga tidak perlu menggunakan rekening merchant.
Thread
Rangkaian surat-surat balasan pada suatu surat pertama yang dikirimkan pada Usenet newsgroup dan forum-forum sejenis
Thumbnail
Istilah yang digunakan para desainer grafis dan fotografer untuk gambar kecil yang mewakili gambar yang lebih besar.
Timeout
Tindakan yang terjadi setelah beberapa waktu tertentu. Sebagai contoh, koneksi dial-up kita mungkin berakhir disconnecting seandainya tidak digunakan selama beberapa waktu.
Title tag
HTML tag yang digunakan untuk menjelaskan nama sebuah halaman yang ditampilkan pada bagian atas web browser dan juga digunakan oleh kebanyakan search engine sebagai sebuah nama dari daftar hasil pencarian
Tracking method
Cara yang digunakan oleh affiliate program untuk melacak hal yang berkenaan dengan penjualan, prospek atau banyaknya klik.
Tracking URL
Website URL, dengan kode khusus kita menempel pada website tersebut, contoh: http//:www.SitusKita.com/?myID. Sehingga pengunjung yang telah datang dilacak kembali melalui kode khusus atau ID Kita.
Trick banner
Sebuah iklan banner yang digunakan untuk mengecoh seseorang agar mengklik banner tersebut, di mana tampilannya tampak seperti sebuah link, tombol atau suatu pesan operasi sistem yang error.
Two tier affiliate program
Program affiliate yang membayar komisi affiliate sebanyak 2 level.
U
Unique User
Pengunjung unik yang datang ke website Kita. Kemungkinan hal ini menjadi indikator yang paling baik untuk mengetahui traffic situs kita.
Upload
memindahkan sebuah file dari komputer Kita ke komputer lain (internet).
Uptime
Waktu dimana sebuah website dapat diakses/online.
Uniform Resource Locator (URL)
Alamat dari sebuah situs di World Wide Web. Contoh URL: http://www.inspeksisanitasi.blogspot.com. Kepanjangan dari http adalah "hypertext transfer protocol"; ":// " adalah tanda permulaan sebuah address.
URL Direction
Suatu proses mengalihkan pengguna ke URL yang berbeda secara otomatis, tanpa campur tangan dari pengguna.
Usability
Layanan produk yang disediakan untuk kemudahan pengguna dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu.
Usenet newsgroups
Kumpulan dari pesan-pesan yang disampaikan pengguna dan perbincangan-perbincangan di sejumlah search engine berbeda yang dikirimkan ke server-server di jaringan global.
V
Virtual domain
Domain yang ada di virtual server.
Virtual Hosting
Persediaan untuk layanan web server hosting sehingga setiap individu atau perusahaan tidak perlu membeli atau tetap memakai web server yang dimilikinya dan connect dengan internet.
Virtual server
Server yang berada di lokasi orang lain yang dibagi dengan sejumlah pemilik website sehingga setiap pemilik website dapat menggunakan dan mengelolanya karena mereka memiliki kuasa penuh atas server tersebut.
Virus
Satuan dari kode pemrograman yang bertujuan untuk merusak sistem-sistem computer dan biasanya disebarkan melalui email ke komputer lainnya. Kita bisa memproteksi komputer kita dari virus-virus dengan memindai (scanning) semua email attachments dan men-download software dengan menggunakan software anti virus.
W
WAV (Wave File)
Audio file format terkenal dan telah menjadi ukuran standar untuk PC audio file format yang bersifat multifungsi, mulai dari sistem dan game sounds sampai ke kualitas audio CD.
Web browser
Program untuk melihat halaman web di World Wide Web. Browsers terkenal di antaranya adalah Microsoft Internet Explorer dan Firefox.
http://www.microsoft.com/window/ie/
http://firefox.com
Web design
Proses pembuatan sebuah website.

Senin, 09 November 2009

Mencari Uang di Internet Marketing

smile_winkApa Itu Affiliate Marketing? Prospektifkah ?
Bagi rekan Sanitarian pasti pernah mendengar, bahwa bisnis internet sudah sekian lama mengalami booming. Jika kita coba cari di google maka internet marketing merupakan topik yang paling banyak dicari di Indonesia. Salah satu jenis bisnis melalui internet tersebut adalah suatu jenis program yang dikenal dengan istilah affiliate marketing.
Pada dasarnya Affiliate marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet.  Sebetulnya pronsip model bisnis ini merupakan sudah ada sejak jaman dahulu,  yaitu dengan prinsip hanya membayar jasa seseorang jika mereka berhasil menjual. Berdasarkan banyak studi Affiliate marketing termasuk sebuah bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya. Dalam affiliate marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant.
Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sedangkan orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.
Kalau kita mendaftarkan diri pada 'affiliate program' milik affiliate merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka.Kata lain bagi affiliate program adalah 'associate programs', 'bounty programs', 'referrer programs', 'partner programs' atau 'revenue sharing programs'. Istilah-istilah tersebut pada dasarnya mempunyai arti sama.
Jika Anda pernah bekerja untuk seseorang atau perusahaan dan mendapatkan komisi? Affiliate marketing adalah model bisnis semacam itu. Anda pernah juga diberi uang jasa karena berhasil mendapatkan orang yang bersedia melakukan transaksi bisnis dengan seseorang? Kalau di dunia nyata biasanya hal ini kita kenal dengan istilah 'calo', 'perantara' atau 'broker'. Contoh lainnya, ada mobil yang akan dijual, kita bantu mencari orang yang ingin membeli mobil tersebut. Kalau kita berhasil mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut, kita biasanya diberi komisi atas jasa kita mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut. Affiliate marketing kurang lebih juga serupa dengan bisnis demikian.
Pertanyaannya kemudian, bagaimana Cara kerja sebuah Affiliate Marketing?
Dalam bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui 'link khusus' atau dikenal dengan istilah 'affiliate link'. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Sedangkan cara kerja affiliate link adalah sebagai berikut:
Misalnya ketika anda mendapatkan sebuah produk online pada sebuah situs, yang menawarkan program affiliate. kemudian anda tertarik untuk menjualnya. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan. Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi Anda, alamat lengkap, Anda penerima 'cek' (untuk komisi), email, nomor telepon, dan lain-lain.
Kita juga akan diminta untuk membaca 'affiliate agreement'. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).
Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka. Setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah 'affiliate link' untuk kita. Tugas anda selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Misalnya saja dengan cara menempatkan link itu di web site kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan 'mengklik' dan MEMBELI produk/jasa yang kita pasarkan tersebut.
Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia affiliate marketing. Affiliate merchant melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membelinya lewat link kita. Sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan affiliate link yang mereka berikan. Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan 'affiliate ID' kita, yang berfungsi mengidentifikasi KITA sebagai satu- satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi!
Terdapat beberapa macam model penghasilan uang melalui affiliate marketing ini, antara lain :
Pay-Per-Sale Affiliate Program : Melalui model jenis ini, anda memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita. Contoh barang atau jasa yang biasa dipasarkan dengan cara 'pay-per-sale' adalah penjualan e-book dan software.
Besar komisi pay-per-sale ini bervariasi. Mulai dari hanya beberapa persen saja sampai 60% bahkan juga ada yang lebih. Saya sendiri lebih suka menjual e-book atau biasa disebut sebagai 'information product'.
Pay-Per-Click Affiliate Program : Program Pay-Per-Click Affiliate mempunyai system kerja dengan cara, anda akan mendapatkan bayaran pada saat sebuah "link iklan" di situs kita, diklik oleh pengunjung kita. Siapa yang membayar? Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang bersedia MEMBAYAR bila link iklan mereka "diklik" oleh pengunjung kita. Yang perlu kita lakukan adalah menyisakan ruang iklan di situs kita untuk program tersebut. Dari setiap klik pada iklan tersebut, kita akan mendapatkan sedikit uang. Program pay-per-click yang populer saat ini adalah Google's Adsense. Iklan google ini sangat mudah dikenali dengan adanya sebuah tulisan dengan judul "Ads By Google". Setiap kali orang mengklik iklan tersebut, pemilik situs akan menerima pembayaran.
Recurring Affiliate Program : Model program recurring ini, affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala. Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Seperti web hosting, auto-responder dan keanggotaan website lainnya. Anda hanya menjual jasa berlangganan ini satu kali,  namun komisi yang anda terima bisa selamanya, sepanjang pelanggan membayar biaya bulanan mereka!
Recurring program seperti ini sangat baik karena memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tetap yang bisa kita dapatkan setiap bulan.
Pay Per Lead Affiliate Program : Pay-per-lead adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui affiliate link kita. Dalam program ini, affiliate merchant yang memutuskan apakah leads yang kita bawa memenuhi kualifikasi atau tidak. Mereka biasa memutuskannya dari 'informasi kontak prospek' yang mereka dapatkan dari kita.
Pay-Per-Search Affiliate Program : Program pay-per-search ini hampir mirip dengan pay-per-click. Hanya saja yang berbeda adalah modelnya. Lewat program pay-per-search ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui "search box" khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka mengklik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.
Hybrid Programs :  Ada banyak affiliate merchant yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda.Contoh: Mereka biasanya menawarkan komisi 10 sen setiap kali ada orang yang HANYA mengklik banner dan kemudian komisi 15% bila terjadi penjualan. Ada juga merchant yang menawarkan macam-macam bonus kalau kita mencapai angka penjualan tertentu.

Sabtu, 07 November 2009

Artikel Radang Tenggorokan

Beberapa dari kita tentu pernah mengalami nyeri tenggorokan yang super hebat sehingga menelan sesuap nasi rasanya susah banget. Nyeri seperti ini tentu sangat sangat menjengkelkan, apalagi di depan kita tersedia makanan kesukaan kita yang lezat dan harum. Alangkah tersiksa rasanya, beberapa obat telah dicoba tetapi tidak juga mempan, begitu pula dengan obat obatan tradisional dari nenek tercinta.

Flu babi (swine flu)

Flu babi (swine flu) merupakan penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. penyakit ini sebenarnya jamak menyerang ternak babi, namun kini telah mengalami perubahan yang drastis dan mampu untuk menginfeksi manusia. Gejala yang timbul pada manusia pun mirip dengan apa yang terjadi pada babi. Flu babi pertama kali diisolasi dari seekor babi yang terinfeksi pada tahun 1930 di

Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah

penyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (penyakit darah tinggi) bahwa nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.Namun

Kamis, 05 November 2009

Data Geofisik-Kimia pada AMDAL

Pengumpulan Data Geofisik-Kimia pada Pelaksanaan Studi AMDAL
Pada study AMDAL, pengumpulan dan analisis data terhadap parameter-parameter dari berbagai komponen lingkungan dilakukan untuk :
  1. Menelaah, mengamati, dan mengukur rona lingkungan awal yang diprakirakan akan terkena dampak besar dan penting dari kegiatan pembangunan/Industri .
  2. Menelaah, mengamati, dan mengukur komponen rencana kegiatan yang diprakirakan akan terkena dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.
Komponen lingkungan dan parameter yang akan diukur/diamati, serta metode pengumpulan dan analisis data adalah sebagai berikut :
Komponen Geofisik-Kimia
Komponen lingkungan yang ditelaah adalah : Angin (arah dan kecepatan), - Curah Hujan, Kualitas udara ambien, serta Kebisingan.
Metode Pengumpulan Data
Penentuan titik/lokasi pengambilan sampel didasarkan atas data sekunder arah dan kecepatan angin yang dihubungkan dengan tapak rencana kegiatan baik rencana lokasi penambangan, jalur pengangkutan, penimbunan dan pengapalan. Data kualitas udara dan kebisingan merupakan data primer yang akan dikumpulkan langsung di lapangan, sedangkan data iklim merupakan data sekunder selama 5 tahun terakhir (time series), akan dikumpulkan dari stasiun meteorologi terdekat.

ErosiParameter yang akan dikumpulkan untuk kualitas udara ambien, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, terutama yang akan terkena dampak. Parameter tersebut meliputi SO2, CO, NO2, Pb, PM10, dan TSP. Lokasi pengumpulan data akan berada dalam wilayah studi seperti tercantum pada gambar Rencana Lokasi Pengambilan Sampel.

Parameter yang akan dikumpulkan untuk kebisingan, diukur secara langsung di lapangan dengan menggunakan sound level meter dibandingkan dengan Kep. Men.LH No.48 tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Lokasi pengumpulan data sama dengan lokasi pengumpulan data udara ambien.
Metode Analisis Data

  • Analisis data kualitas udara rona lingkungan awal akan dilakukan dengan membandingkan dengan Kep. Men.LH No. 45 tahun 1997 tentang Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dan KepKa Bapedal 107/1997. Metode ini akan membagi kualitas udara menjadi 5 skala kualitas lingkungan udara ambien.
  • Analisis data kebisingan rona lingkungan awal akan dilakukan dengan mengacu pada Kep. Men. LH No. 48 tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Metode ini akan mendapatkan Leq (tingkat kebisingan sinambung setara), LTM5 (Leq dengan selang waktu 5 detik), Ls (Leq selama siang hari), Lm (Leq selama malam hari), Lsm (Leq selama siang dan malam)

Fisiografi/ Geomorfologi
Metode Pengumpulan Data : Pengumpulan data komponen fisiografi dan geologi perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi fisiografi dan geologi tapak proyek dan sekitarnya, sehingga dampak yang akan ditimbulkan oleh rencana penambangan dapat diprakirakan. Topografi dan bentang lahan diobservasi dari foto udara dan pengamatan langsung ke lapangan.
Metoda Analisis Data : Analisis tiap parameter dilakukan dengan metode profesional judgement. Analisis data geologi dari suatu rencana kegiatan didapat dari data sekunder.

Hidrologi
Metoda Pengumpulan Data : Lingkup studi komponen lingkungan hidrologi meliputi komponen-komponen sebagai berikut :
Air Permukaan, diukur menggunakan air limpasan (surface run off), dengan menilai kualitas air sungai (fisik, kimia, dan mikrobiologi). Sedangkan parameter lain adalah Air Tanah, dengan mengukur kuantitas air tanah (sumur penduduk & mata air). Selain parameter tersebut juga digunakan parameter Erosi dan Sedimentasi.
Metoda Analisis Data : Parameter yang telah diukur/ diamati kemudian dianalisis dengan metode Persamaan matematik dari metoda studi hidrologi menggunakan rumus USLE (Erosi) dan rumus Rational Method (run-off).

Rabu, 04 November 2009

Dasar Pelaksanaan AMDAL

AMDAL Latar Belakang, Tujuan, Kegunaan, dan Dasar Pelaksanaannya.
Kebijaksanaan nasional pengelolaan lingkungan hidup menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah, pengelolaan lingkungan hidup diselenggarakan atas tanggungjawab negara, asas pembangunan berkelanjutan, dan asas manfaat untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, yaitu terciptanya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara manusia dengan lingkungan, antara manusia dengan Tuhan yang Maha Esa, manusia dengan manusia; terjaminnya kepentingan generasi saat ini dan akan datang; tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup serta terkendalinya pemanfaatan sumberdaya secara bijaksana.

Berdasarkan kebijaksanaan tersebut, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), merupakan salah satu instrumen kebijaksanaan pengelolaan lingkungan. Pelaksanaan AMDAL terhadap sesuatu rencana usaha atau kegiatan dimaksudkan untuk mengetahui dampak besar dan penting, dan menetapkan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL).

Sesuai UU No. 23 tahun 1997 tersebut, dinyatakan bahwa kegiatan yang diprakirakan dapat menimbulkan suatu dampak besar dan penting pada lingkungan dan sekitarnya diwajibkan melakukan studi tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Peraturan pelaksanaa dari Undang-Undang ini dituangkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 27 Tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

Tujuan dilaksanakannya Studi ANDAL
  1. Mengidentifikasikan rencana usaha dan/atau kegiatan yang akan dilakukan terutama yang berpotensi menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.
  2. Mengidentifikasikan komponen-komponen lingkungan hidup yang akan terkena dampak besar dan penting
  3. Memprakirakan dan mengevaluasi rencana usahan dan atau kegiatan yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.
  4. Merumuskan RKL dan RPL.
Kegunaan dilaksanakannya Studi ANDAL
Bagi Pemerintah :
  1. Membantu pemerintah dalam proses pengambilan keputusan, perencanaan dan pengelolaan lingkungan dalam hal pengendalian dampak negatif dan mengembangkan dampak positif yang meliputi aspek biofisik, sosial ekonomi, budaya dan Kesehatan masyarakat.
  2. Mengintegrasikan pertimbangan lingkungan dalam tahap perencanaan rinci pada suatu kegiatan Pembangunan.
  3. Sebagai pedoman dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan pada suatu kegiatan Pembangunan.
AMDALBagi Pemrakarsa :
  1. Mengetahui permasalahan lingkungan yang mungkin timbul di masa yang akan datang dan cara-cara pencegahan serta penanggulangan sebagai akibat adanya kegiatan suatu pembangunan.
  2. Sebagai pedoman untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan
  3. Sebagai bahan penguji secara komprehensif dari kegiatan pengelolaan dan pemantauan lingkungan untuk kemudian mengetahui kekurangannya.

Bagi Masyarakat
  1. Mengurangi kekuatiran tentang perubahan yang akan terjadi atas rencana kegiatan suatu pembangunan.
  2. Memberikan informasi mengenai kegiatan Pembangunan Industri , sehingga dapat mempersiapkan dan menyesuaikan diri agar dapat terlibat dalam kegiatan tersebut.
  3. Memberi informasi tentang perubahan yang akan terjadi, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dampak positif dan menghindarkan dampak negatif.
  4. Sebagai bahan pertimbangan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan lingkungan.
Pada pelaksanaan studi AMDAL terdapat beberapa komponen dan parameter lingkungan yang harus dijadikan sebagai sasaran studi, antara lain :

  1. Komponen Geo-Fisik-Kimia antra lain : Iklim dan Kualitas Udara, Fisiografi, Geologi, Ruang, Lahan dan Tanah, Kualitas Air Permukaan,
  2. Komponen Biotis antara lain : Flora, Fauna, Biota Sungai, Biota Air Laut
  3. Komponen Sosial Ekonomi dan Budaya antara lain : Sosial Ekonomi , Sosial Budaya
  4. Komponen Kesehatan Masyarakat antara lain Sanitasi Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat
Peraturan Perundang-Undangan
Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan Studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) antara lain :
  1. Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1960 Tentang Pokok -pokok Agraria.
  2. Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistem (Lembaran Negara RI Tahun 1990 No. 49 Tahun 1990 Tambahan Lembaran Negara No 3419).
  3. Undang-Undang RI No. 4 Tahun 1992 Tentang Perumahan dan Permukiman
  4. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  5. Undang-Undang RI No. 24 Tahun 1992 Tentang Penataan Ruang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992 No. 115, Tambahan Lembaran Negara No 3501).
  6. Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1994 Tentang Pengesahan United Nations Conventation On Biological Diversity (Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Mengenai Keanekaragaman Hayati
  7. Undang-Undang RI No 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup (Lembaran Republik Indonesia Tahun 1997 No. 68 Tambahan Lembaran Negara No. 3699).
  8. Undang-Undang RI No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah
  9. Undang-Undang RI No. 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan
  10. Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 1982 Tentang Tata Pengaturan Air.
  11. Peraturan Pemerintah RI No. 28 Tahun 1985 Tentang Perlindungan Hutan.
  12. Peraturan Pemerintah RI No 35 Tahun 1991 Tentang Sungai.
  13. Peraturan Pemerintah RI No.69 Tahun 1996 Tentang Pelaksanaan Hak dan Kewajiban, serta Bentuk dan Tata Cara Peran serta Masyarakat dalam Penataan Ruang.
  14. Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah untuk Penggantian.
  15. Peraturan Pemerintah RI No. 27 Tahun 1999 Tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 No. 59 Tambahan Lembaran Negara No.3838).
  16. Peraturan Pemerintah RI No. 41 Tahun 1999 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara.
  17. Peraturan Pemerintah RI No. 20 Tahun 2001 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Pembangunan
  18. Peraturan Pemerintah RI No. 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.
  19. Keputusan Presiden RI No 32 Tahun 1990 Tentang Pengelolaan Kawasan Lindung.
  20. Keputusan Presiden RI No 75 Tahun 1990 Tentang Koordinasi Pengelolaan Tata Ruang Nasional.
  21. Keputusan Presiden RI No. 552 Tahun 1993 Tentang Pengadaan Tanah Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum.
  22. Keputusan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup No. 02/MENKLH/1988 tentang Pendoman Penetapan Baku Mutu Lingkungan
  23. Keputusan Menteri PU.No 45/PRT/1990 tentang Pengendalian Mutu Air pada Sumber-sumber Air.
  24. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-30/MENLH /7/1992 tentang Panduan Pelingkupan untuk Penyusunan Kerangka Acuan ANDAL.
  25. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 056/1994 tentang Pedoman Mengenai Ukuran Dampak Penting.
  26. Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 103.K/008/M.PE/1994 tentang Pengawasan atas Pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan dalam Bidang Pertambangan dan Energi.
  27. Keputusan Menteri PU. No 58/KPTS/1995 Petunjuk Tata Laksana AMDAL Bidang Pekerjaan Umum.
  28. Keputusan Menteri PU.No. 148/KPTS/1995 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan RKL dan RPL, Proyek Bidang Pekerjaan Umum.
  29. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-13/MENLH /3/1995 tentang Baku Mutu Emisi Sumber Tidak Bergerak.
  30. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-43/MENLH/ 10/1996 tentang Kriteria Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C Jenis Lepas di Daratan.
  31. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-48/MENLH/ 11/1996 tentang Baku Mutu Tingkat Kebisingan.
  32. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-49/MENLH/ 11/1996 tentang Baku Tingkat Getaran.
  33. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-50/MENLH /11/1996 tentang Baku Tingkat Kebauan.
  34. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-45/MENLH/10/1997 tentang Indeks Standar Pencemar Udara.
  35. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-03/MENLH /1/1998 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kawasan Industri.
  36. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 17 tahun 2001 tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib dilengkapi dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.
  37. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 37 Tahun 2003 tentang Metoda Analisis Kualitas Air Permukaan dan Pengambilan Contoh Air Permukaan.
  38. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 110 Tahun 2003 tentang Pedoman Penetapan Daya Tampung Beban Pencemaran Air pada Sumber Air.
  39. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 112 Tahun 2003 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.
  40. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 142 Tahun 2003 tentang Pedoman Mengenai Syarat dan Tata Cara Perizinan serta Pedoman Kajian Pembuangan Air Limbah ke Air atau Sumber Air.
  41. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-205/BAPEDAL/07/1996 tentang Pedoman Teknis Pengendalian Pencemaran Udara Sumber Tidak Bergerak.
  42. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-299/11/1996 tentang Pedoman Teknis Kajian Aspek Sosial dalam Penyusunan AMDAL.
  43. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-105 tahun 1997 tentang Panduan Pemantauan Pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL).
  44. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. 107/BAPEDAL/2/1997 tentang Perhitungan dan Pelaporan serta Informasi Indeks Standar Pencemar Udara.
  45. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-124/12/1997 tentang Panduan Kajian Aspek Kesehatan Masyarakat dalam Penyusunan AMDAL.
  46. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. 08 tahun 2000 tentang Keterlibatan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi dalam Proses AMDAL.
  47. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. 09 tahun 2000 tentang Pedoman Penyusunan AMDAL.
  48. Peraturan Daerah terkait yang relevan lainnya dengan studi ini.
Peraturan peraturan tersebut tergantung / menyesuaikan juga pada jenis kegiatan yang dilaksanakan/direncanakan.

Minggu, 01 November 2009

Tips Bertanya untuk Fasilitator

Kemampuan Bertanya Menentukan Kualitas Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat
Kecenderngan saat ini berbagai program pembangunan sangat mementingkan pendekatan partisipatif, atau dalam terminologi lain menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Banyak teori dan teknik pemberdayaan masyarakat dipergunakan oleh banyak fasilitator yang berbeda, namun prinsip yang digunakan adalah menempatkan masyarakat sasaran sebagai subyek. Berdasarkan prinsip itu kemudian dikembangkan berbagai teknik dan metode dengan berbagai nama dan jenis pendekatan, salah satu diantaranya pendekatan Community Led Total Sanitation (CLTS) atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.
Pendekatan partisipatif dan teknik pemberdayaan masyarakat, dengan menempatkan sasaran sebagai subyek, maka yang sangat diperlukan fasilitator adalah kemampuan menggali potensi diri sasaran. Berbagai alat / tool dipergunakan untuk memancing keterlibatan sasaran dalam program. Namun yang terpenting dimiliki fasilitator adalah kemampuan bertanya (bukan kemampuan menjawab), sehingga sasaran dapat dipastikan ikut merasa terlibat. Berikut ini salah satu teknik bertanya yang sebaiknya diketahui fasilitator. (Thanks for Bli Oke atas artikel terkait).
Cara pandang Anda tidak akan membantu mereka!
Salah satu kesalahan terbesar seorang fasilitator adalah memaksakan gagasannya sendiri pada kelompok yang sedang mencari jalan keluar dari satu masalah. Ini sering terjadi karena si fasilitator mempunyai lebih banyak pengalaman dibandingkan dengan anggota kelompok dan mungkin sudah melihat situasi serupa ditempat lain dimasa lampau. Seorang fasilitator selalu menghadapi godaan untuk mendesak kelompok agar mengikuti cara pandang si fasilitator.
Fasilitator harus menyadari bahwa dalam banyak situasi kita bekerja dengan peserta-peserta yang sudah berpengalaman, dan karena itu kita harus mengesampingkan pandangan atau cara pandang kita sendiri dan tetap netral dalam membantu mereka.
Process Fasilitasi
Bagaimana pertanyaan-pertanyaan fasilitator dapat membantu kelompok menganalisis masalah mereka sendiri.
Kalau sebagai fasilitator kita tidak boleh memberikan jawaban kita sendiri terhadap masalah sebuah kelompok, bagaimana kita bisa membantu mereka? Sebagai satu titik awal, kita bisa menggunakan beberapa pertanyaan untuk merinci lebih jauh masalah yang sedang dibahas dan secara perlahan mendorong kelompok untuk menganalisis masalah itu.
Kombinasi pertanyaan-pertanyaan terbuka secara sekuensi seperti yang digambarkan dalam model tehnik bertanya bisa membantu kita. Pastikan bahwa ketika bertanya Anda tidak memasukkan gagasan Anda sendiri dalam pertanyaan itu. Misalnya, Apakah anda pernah mencoba ? atau Menurut saya, menggunakan pupuk itu cara terbaik. Bagaimana menurut Anda ?.
Enam Pertanyaan pembantu: Siapa, Kapan, Dimana, Apa, Bagaimana, Mengapa dapat juga dilihat dengan cara lain sebagaimana digambarkan pada model di atas. Pertanyaan pembantu dapat membantu Anda mencari berbagai jenis informasi dan mendorong terciptanya pemahaman bersama antar anggota kelompok dengan cara yang berbeda-beda. Pertanyaan Mengapa merupakan pertanyaan paling intens karena menggali apa yang menjadi nilai atau keyakinan kita dan jawabannya bisa jadi sangat personal sifatnya. Meskipun sangat penting bagi anggota kelompok untuk memahami nilai-nilai dan keyakinan sesama anggotanya, kadang-kadangclip_image002[7]
pertanyaan mengapa bisa dipandang sebagai agresif atau depensif. Sebagai seorang fasilitator, Anda harus sadar tentang kapan menggunakan pertanyaan mengapa. Anda masih bisa mendorong terjadinya sharing nilai atau keyakinan dengan menggunakan model segitiga untuk bertanya. Misalnya, daripada langsung bertanya, mengapa Anda bisa bertanya, Apa yang mendorong Anda untuk berpendapat seperti itu? Atau Bagaimana Anda sampai pada kesimpulan itu?
Kiat Menciptakan Pertanyaan yang Indah
Latar Belakang
Apa yang sudah Anda persiapkan untuk ?
Apa yang sudah pernah Anda coba selama ini?
Bisakah Anda ingat bagaimana hal itu terjadi?
Apa yang membuat Anda melakukan semua ini?
Identifikasi Masalah
Apa yang Anda lihat sebagai masalah?
Apa yang Anda lihat sebagai hambatan utama?
Apa paling membuat Anda khwatir terhadap?
Apa yang Anda pertimbangkan sebagai kesulitan utama?
Mencari Contoh
Bisa Anda memberikan sebuah contoh?
Apa contohnya?
Seperti apa, semisal?
Bisakah Anda memberikan gambarannya?
Penggambaran (Deskripsi)
Seperti apa, coba gambarkan?
Ceritakan saya tentang hal itu?
Apa yang terjadi?
Bisa Anda ceritakan dengan bahasa Anda sendiri?
Penilaian
Bagaimana perasaan Anda tentang hal ini?
Bagaiman Anda menilai hal itu?
Apa yang membuat hal ini seperti ini?
Apa yang menurut Anda terbaiuk dari hal itu?
Klarifikasi (Meminta Kejelasan)
Bagaimana pendapat Anda jika hal ini Anda anggap tidak masuk akal?
Apa yang membuat Anda bingung, bisa dijelaskan?
Bisakah Anda jelaskan Apa yang Anda maksud dengan?
Apa maksudnya?
Alternatif
Apa ada kemungkinan lain?
Jika Anda memiliki pilihan Apa yang akan Anda lakukan?
Apa jawaban yang paling mungkin?
Apa yang akan terjadi jika Anda lakukan dan Anda tidak lakukan hal itu?
Explorasi (Penggalian)
Bagaimana jika Anda menjelaskan lebih lanjut hal itu?
Apa ada sisi pandang lain untuk menjelaskan hal itu?
Apa reaksi Anda terhadap hal ini?

Pendalaman
Bisa Anda ceritakan lebih lanjut?
Apalagi?
Adakah hal lain yang ingin Anda tambahkan?
Apa yang bisa Anda lakukan dalam kasus yang seperti ini?
Gagasan apa lagi yang Anda miliki?
Perencanaan
Bagaimana Anda memperbaiki situasi ini?
Apa yang Anda rencanakan untuk mengatasi hal itu?
Apa yang Anda lakukan dalam kasus yang seperti itu?
Apa rencana yang Anda butuhkan untuk melakukan hal itu?
Prediksi dan Hasil
Apa yang Anda pikirkan akan bisa berhasil?
Apa yang pasti memiliki dampak besar?
Apa yang terjadi jika hal ini dilakukan atau hal ini tidak dilakukan?
Apa alur pikir dari kegiatan ini?
Alasan
Apa alasan Anda memilih langkah ini?
Bagaimana Anda menjelaskan hal ini?
Mengapa Anda begitu yakin dengan kegiatan ini?

Kegagalan
Apa yang akan terjadi jika hal ini tidak berhasil?
Apa yang akan terjadi jika hal ini tidak bekerja?
Bagaimana hal ini bisa berbeda dengan gagasan awal?
Apa ada rencana baru?
Relasi
Bagaimana hal ini cocok dengan perencanaan Anda?
Bagaimana hal ini berpengaruh pada kerjaan Anda?
Bagimana hubungan antara dua perencanaan yang berbeda?
Evaluasi
Apakah hal ini baik, buruk atau sedang-sedang saja?
Sesuai denga ukuran Anda, apakah kegiatan berhasil?

Selasa, 27 Oktober 2009

Penyakit Berbasis Lingkungan

Panduan untuk Konseling dan Intervensi pada Program Klinik Sanitasi Puskesmas

HL Blum, seorang pakar yang selama ini selalu menjadi rujukan dan suhu Kesehatan masyarakat, melalui teorinya, berpendapat bahwa Kesehatan lingkungan dan perilaku manusia merupakan dua faktor dominan yang paling berpengaruh terhadap status Kesehatan masyarakat. Komponen perilaku dan komponen Kesehatan lingkungan ini merupakan dua faktor yang paling memungkinkan untuk diintervensi, sehingga telah menjadi kiblat berbagai tindakan promotif dan preventif pada mayoritas masalah penyakit dan masalah Kesehatan.

Berdasarkan berbagai data dan laporan, saat ini penyakit berbasis lingkungan masih menjadi permasalahan Kesehatan masyarakat di Indonesia. ISPA dan diare yang merupakan penyakit berbasis lingkungan selalu masuk dalam 10 besar penyakt di hampir seluruh Puskesmas di Indonesia, selain Malaria, Demam Berdarah Dengue ( DBD ), Filariasis, TB Paru, Cacingan, Penyakit Kulit, Keracunan dan Keluhan akibat Lingkungan Kerja yang buruk.

Masih tingginya penyakit berbasis lingkungan antra lain Penyakit disebabkan oleh faktor lingkungan serta perilaku hidup bersih dan sehat yang masih rendah. Berdasarkan aspek sanitasi tingginya angka penyakit berbasis lingkungan banyak disebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan air bersih masyarakat, pemanfaatan jamban yang masih rendah, tercemarnya tanah, air, dan udara karena limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, sarana transportaasi, serta kondisi lingkungan fisik yang memungkinkan

Artikel berikut akan memaparkan sekilas informasi yang terkait penyakit berbasis lingkungan (dari berbagai sumber). Bagi Sanitarian informasi ini selain dapat menambah pengetahuan, juga dapat diimplementasikan dalam melakukan konseling dan intervensi pada program Klinik Sanitasi Puskesmas.

Pengertian Penyakit merupakan suatu kondisi patologis berupa kelainan fungsi dan /atau morfologi suatu organ dan/atau jar tubuh. (Achmadi05). Sedangkan pengertian Lingkungan adalah segala sesuatu yg ada disekitarnya (benda hidup, mati, nyata, abstrak) serta suasana yg terbentuk karena terjadi interaksi antara elemen-elemen di alam tersebut. (Sumirat96). Penyakit Berbasis Lingkungan adalah suatu kondisi patologis berupa kelainan fungsi atau morfologi suatu organ tubuh yang disebabkan oleh interaksi manusia dengan segala sesuatu disekitarnya yang memiliki potensi penyakit.

BAB SembaranganUntuk dapat melakukan upaya pengendalian penyakit berbasis lingkungan, sangat penting kita ketahui karakteristik penyakit dan patogenesis suatu penyakit. Berdasarkan alur patogenesis tersebut, penyakit berbasis lingkungan dapat dijelaskan sebagai berikut :


rainbowDIARE

Diare adalah suatu penyakit yang biasanya ditandai dengan perut mulas, meningkatnya frekuensi buang air besar, dan konsentrasi tinja yang encer. Tanda-tanda Diare dapat bervariasi sesuai tingkat keparahannya serta tergantung pada jenis penyebab diare.

Ada beberapa penyebab diare. Beberapa di antaranya adalah Cyclospora cayetanensis, total koliform (E. coli, E. aurescens, E. freundii, E. intermedia, Aerobacter aerogenes), kolera, shigellosis, salmonellosis, yersiniosis, giardiasis, Enteritis campylobacter, golongan virus dan  patogen perut lainnya.

Penularannya bisa dengan jalan tinja mengontaminasi makanan secara langsung ataupun tidak langsung (lewat lalat). Untuk beberapa jenis bakteri, utamanya EHEC (Enterohaemorragic E. coli), ternak merupakan reservoir terpenting. Akan tetapi, secara umum manusia dapat juga menjadi sumber penularan dari orang ke orang. Selain itu, makanan juga dapat terkontaminasi oleh mikroorganisme patogen akibat lingkungan yang tidak sehat, di mana-mana ada mikroorganisme patogen, sehingga menjaga makanan kita tetap berseih harus diutamakan.

Cara Penularan melalui :
  • Makanan yang terkontaminasi dengan bakteri E.Coli yang dibawa oleh lalat yang hinggap pada tinja, karena buang air besar (BAB) tidak di jamban.
  • Air minum yang mengandung E. Coli yang tidak direbus sampai mendidih.
  • Air sungai yang tercemar bakteri E.coli karena orang diare buang air besar di sungai digunakan untuk mencuci bahan makanan, peralatan dapur, sikat gigi, dan lain-lain.
  • Tangan yang terkontaminasi dengan bakteri E.coli (sesudah BAB tidak mencuci tangan dengan sabun)
  • Makanan yang dihinggapi lalat pembawa bakteri E.Coli kemudian dimakan oleh manusia.
Cara pencegahan penyakit diare yang disesuaikan dengan faktor penyebabnya adalah sebagai berikut :
Penyediaan air tidak memenuhi syaratSumur Gali Resiko Tinggi
  1. Gunakan air dari sumber terlindung
  2. Pelihara dan tutup sarana agar terhindar dari pencemaran
Pembuangan kotoran tidak saniter
  1. Buang air besar di jamban
  2. Buang tinja bayi di jamban
  3. Apabila belum punya jamban harus membuatnya baik sendiri maupun berkelompok dengan tetangga.
Perilaku tidak higienis
  1. Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan
  2. Cuci tangan dengan sabun setelah buang air besar
  3. Minum air putih yang sudah dimasak
  4. Menutup makanan dengan tudung saji
  5. Cuci alat makan dengan air bersih
  6. Jangan makan jajanan yang kurang bersih
  7. Bila yang diare bayi, cuci botol dan alat makan bayi dengan air panas/mendidih
Sedangkan intervensi pada faktor lingkungan dapat dilakukan antra lain melalui :
  1. Perbaikan sanitasi lingkungan dan pemberantasan vektor secara langsung.
  2. Perbaikan sanitasi dapat diharapkan mampu mengurangi tempat perindukan lalat. Cara yang bisa diambil di antaranya adalah menjaga kebersihan kandang hewan, buang air besar di jamban yang sehat, pengelolaan sampah yang baik, dan sebagainya.
Keberadaan lalat sangat berperan dalam penyebaran penyakit diare, karena lalat dapat berperan sebagai reservoir. Lalat biasanya berkembang biak di tempat yang basah seperti sampah basah, kotoran hewan, tumbuh-tumbuhan yang membusuk, dan permukaan air kotor yang terbuka. Pada waktu hinggap, lalat mengeluarkan ludah dan tinja yang membentuk titik hitam. tanda-tanda ini merupakan hal yang penting untuk mengenal tempat lalat istirahat. Pada siang hari lalat tidak makan tetapi beristirahat di lantai dinding, langit-langit, rumput-rumput, dan tempat yang sejuk. Juga menyukai tempat yang berdekatan dengan makanan dan tempat berbiaknya, serta terlindung dari angin dan matahari yang terik. Di dalam rumah, lalat istirahat pada pinggiran tempat makanan, kawat listik dan tidak aktif pada malam hari. Tempat hinggap lalat biasanya pada ketinggian tidak lebih dari 5 (lima) meter.

Pemberantasan lalat dapat dilakukan dengan 3 cara, fisik (misalnya penggunaan air curtain), kimia (dengan pestisida), dan biologi (sejenis semut kecil berwana hitam  Phiedoloqelon affinis untuk mengurangi populasi lalat rumah di tempat-tempat sampah). Lingkungan yang tidak higienis akan mengundang lalat. Padahal lalat dapat memindahkan mikroorganisme patogen dari tinja penderita ke makanan atau minuman.

rainbowISPA
Infeksi Saluran Pernapasan Aku/ISPA dapat meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah, merupakan infeksi saluran pernapasan yang berlangsung sampai 14 hari. Yang dimaksud dengan saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ disekitarnya seperti : sinus, ruang telinga tengah dan selaput paru .

Genteng Kaca Sebagian besar dari infeksi saluran pernapasan hanya bersifat ringan seperti batuk pilek dan tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Akan tetapi, anak yang menderita pneumoni bila tidak diobati dengan antibiotik dapat mengakibat kematian. Di Dinkes/Puskesmas, Program Pemberantasan Penyakit (P2) ISPA membagi penyakit ISPA dalam 2 golongan, yaitu pneumonia dan yang bukan pneumonia. Pneumonia dibagi atas derajat beratnya penyakit yaitu pneumonia berat dan pneumonia tidak berat. Penumonia disebabkan oleh bahaya biologis, yaitu Streptococcus pneumoniae.

Penyakit batuk pilek seperti rinitis, faringitis, tonsilitis, dan penyakit jalan napas bagian atas lainnya digolongkan sebagai bukan pneumonia. Etiologi dari sebagian besar penyakit jalan napas bagian atas ini ialah virus dan tidak dibutuhkan terapi antibiotik. Faringitis oleh kuman Streptococcus jarang ditemukan pada balita. Bila ditemukan harus diobati dengan antibiotik penisilin, semua radang telinga akut harus mendapat antibiotik. ISPA dapat ditularkan melalui air ludah, darah, bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat kesaluran pernapasannya.

Sumber penyakit ini adalah manusia. Pneumococci umum ditemukan pada saluran pernafasan bagian atas dari orang yang sehat di seluruh dunia. Sedangkan Agen ditularkan ke manusia lewat udara melalui percikan ludah, kontak langsung lewat mulut atau kontak tidak langsung melalui peralatan yang terkontaminasi discharge saluran pernafasan. Biasanya penularan organisme terjadi dari orang ke orang, tetapi penularan melalui kontak sesaat jarang terjadi.

Manusia yang berada dalam lingkungan yang kumuh dan lembab memiliki risiko tinggi untuk tertular penyakit ini (intervensi dengan pemberian genting kaca dan ventilasi padan rumah sering sangat efektif untuk mengatasi penyakit ini). Setelah terpajan agen, penderita dapat sembuh atau sakit. Seperti yang diterangkan sebelumnya, untuk agen virus penderita (misalnya flu) sebenarnya tidak perlu mendapatkan perlakuan khusus. Cukup dijaga kondisi fisiknya. Penderita yang positif ISPA adalah mereka yang ditandai dengan serangan mendadak dengan demam menggigil, nyeri pleural, dyspnea, tachypnea, batuk produktif dengan dahak kemerahan serta lekositosis. Serangan ini biasanya tidak begitu mendadak, khususnya pada orang tua dan hasil foto toraks mungkin memberi gambaran awal adanya pneumonia. Pada bayi dan anak kecil, demam, muntah dan kejang dapat merupakan gejala awal penyakit. Diagnosa etiologis secara dini sangat penting untuk mengarahkan pemberian terapi spesifik. Diagnosa pneumoni pneumokokus dapat diduga apabila ditemukannya diplococci gram positif pada sputum bersamaan dengan ditemukannya lekosit polymorphonuclear. Diagnosa dapat dipastikan dengan isolasi pneumococci dari spesimen darah atau sekret yang diambil dari saluran pernafasan bagian bawah orang dewasa yang diperoleh dengan aspirasi percutaneous transtracheal. 

Secara sederhana penyakit ISPA mempunyai karakteristik sebagai berikut :
Penyebab Penyakit :
  • Bakteri streptococcus pneumonia (pneumococci)
  • Hemophilus influenzae
  • Asap dapur
  • Sirkulasi udara yang tidak sehat
Sedangkan tempat berkembang biak saluran pernafasan, dengan cara penularan melalui udara (aerogen) berupa kontak langsung melalui mulut penderita serta cara tidak langsung melalui udara yang terkontaminasi dengan bakteri karena penderita batuk.
Cara Pencegahan : Cara efektif mencegah penyakit ISPA (berdasarkan faktor penyebab penyakit), sebagai berikut :

Tingkat hunian rumah padat
  1. Satu kamar dihuni tidak lebih dari 2 orang atau sebaiknya luas kamar lebih atau sma dengan 8m2/jiwaq
  2. Plesterisasi lantai rumah 
Ventilasi rumah/dapur tidak memenuhi syarat
  1. Memperbaiki lubang penghawaan / ventilasi
  2. Selalu membuka pintu/jendela terutama pagi hari
  3. Menambah ventilasi buatan
Perilaku
  1. Tidak membawa anak/bayi saat memasak di dapur
  2. Menutup mulut bila batuk
  3. Membuang ludah pada tempatnya
  4. Tidak menggunakan obat anti nyamuk bakar
  5. Tidur sementara terpisah dari penderita


rainbowTUBERCULOSIS

Tuberculosis (TBC) adalah batuk berdahak lebih dari 3 minggu, dengan penyebab penyakit adalah kuman / bakteri mikrobakterium tuberkulosis. Tempat berkembang biak penyakit adalah di paru-paru. Ventilasi dan Jendela
Cara penularan penyakit melalui udara, dengan proses sebagai berikut :
  • Penderita TBC berbicara, meludah, batuk, dan bersin, maka kuman-kuman TBC yang berada di paru-paru menyebar ke udara terhirup oleh orang lain.
  • Kuman TBC terhirup oleh orang lain yang berada di dekaqt penderita.
Cara Pencegahan : Cara efektif mencegah penyakit TBC (berdasarkan faktor penyebab penyakit), sebagai berikut :
Tingkat hunian rumah padat
  1. Satu kamar dihuni tidak lebih dari 2 orang atau sebaiknya luas kamar lebih atau sma dengan 8m2/jiwaq
  2. Lantai rumah disemen
Ventilasi rumah/dapur tidak memenuhi syarat
  1. Memperbaiki lubang penghawaan / ventilasi
  2. Selalu membuka pintu/jendela terutama pagi hari
  3. Menambah ventilasi buatan
Perilaku
  1. Menutup mulut bila batuk
  2. Membuang ludah pada tempatnya
  3. Jemur peralatan dapur
  4. Jaga kebersihan diri
  5. Istirahat yang cukup
  6. Makan makan bergizi
  7. Tidur terpisah dari penderita

rainbowDEMAM BERDARAH DENGUE
Penyebab Demam Berdarah Dengue adalah virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Sedangkan tempat berkembang biak dapat didalam maupun diluar rumah, terutama pada tempat-tempat yang dapat menampung air bersih seperti :
  1. Di dalam rumah / diluar rumah untuk keperluan sehari-hari seperti ember, drum, tempayan, tempat penampungan air bersih, bak mandi/WC/ dan lain-lain
  2. Bukan untuk keperluan sehari-hari seperti tempat minum burung, vas bunga, perangkap semen, kaleng bekas yang berisi air bersih, dll
  3. Alamiah seperti lubang pohon, lubang batu, pelepah daun, tempurung kelapa, potongan bambu yang dapat menampung air hujan, dll
Cara penularan
  1. Seseaorang yang dalam darahnya mengandung virus dengue merupakan merupakan sumber penyakit.
  2. Bila digigit nyamuk virus terhisap masuk kedalam lambung nyamuk, berkembang biak, masuk ke dalam kelenjar air liur nyamuk setelah satu minggu didalam tubuh nyamuk, bila nyamuk menggigit orang sehat akan menularkan virus dengue.
  3. Virus dengue tetap berada dalam tubuh nyamuk sehingga dapat menularkan kepada orang lain, dan seterusnya.
Cara Pencegahan Cara efektif mencegah penyakit Demam Berdarah (berdasarkan faktor penyebab penyakit), sebagai berikut :Aedes_Aegypti2
Lingkungan rumah / ventilasi kurang baik :
  1. Menutup tempat penampungan air
  2. Menguras bak mandi 1 minggu sekali
  3. Memasang kawat kasa pada ventilasi dan lubang penghawaan
  4. Membuka jendela dan pasang genting kaca agar terang dan tidak lembab
Lingkungan sekitar rumah tidak terawat
  1. Seminggu sekali mengganti air tempat minum burung dan vas bunga
  2. Menimbun ban, kaleng, dan botol/gelas bekas
  3. Menaburkan bubuk abate pada tempat penampungan air yang jarang dikuras atau memelihara ikan pemakan jentik
Perilaku tidak sehat
  1. Melipat dan menurunkan kain/baju yang bergantungan

rainbowKECACINGAN
Penyakit kecacingan biasanya menyerang anak-anak dan disebabkan oleh Cacing Gelang, Cacing Tambang dan Cacing Kremi.
  1. Cacing Gelang (Ascaris lumbricoides) berkembang biak di dalam perut manusia dan di tinja. Telur cacing dapat masuk kedalam mulut melalui makanan yang tercemar atau tangan yang tercemar dengan telur cacing. Telur Cacing menetas menjadi cacing didalam perut, selanjutnya keluar bersama-sama tinja.
  2. Kecacingan yang disebabkan karena Cacing Kremi (Enterobius vermicularis). Tempat berkembang biak jenis cacing ini di perut manusia dan tinja, dengan cara penularan menelan telur cacing yang telah dibuahi, dapat melalui debu, makanan atau jari tangan (kuku).
  3. Penyakit kecacingan lain, disebabkan oleh Cacing tambang (Ankylostomiasis Duodenale). Jenis cacing ini mempunyai tempat berkembang biak Perut manusia dan tinja. Cara Penularan dimulai ketika telur dalam tinja di tanah yang lembab atau lumpur menetas menjadi larva. Kemudian larva tersebut masuk melalui kulit, biasanya pada telapak kaki. Pada saat kita menggaruk anus, telur masuk kedalam kuku, jatuh ke sprei atau alas tidur dan terhirup mulut. Telur dapat juga terhirup melaui debu yang ada di udara. atau dengan reinfeksi (telur larva masuk anus lagi)
Cara efektif mencegah penyakit Kecacingan (berdasarkan faktor penyebab penyakit), sebagai berikut :
Pembuangan Kotoran Tidak Saniter
  1. Buang air besar hanya di jamban
  2. Lubang WC/jamban ditutup
  3. Bila belum punya, anjurkan untuk membangun sendiri atau berkelompok dengan tetangga
  4. Plesterisasi lantai rumah
Pengelolaan makanan tidak saniter
  1. Cuci sayuran dan buanh-buahan yang akan dimakan dengan air bersih
  2. Masak makanan sampai benar-benar matang
  3. Menutup makanan pakai tudung saji
Perilaku Tidak Hygienis
  1. Cuci tangan pakai sabun sebelum makan
  2. Cuci tangan pakai sabun setelah buang air besar
  3. Gunakan selalu alas kaki
  4. Potong pendek kuku
  5. Tidak gunakan tinja segar untuk pupuk tanaman

rainbowPENYAKIT KULIT
Penyakit kulit biasa dikenal dengan nama kudis, skabies, gudik, budugen. Penyebab penyakit kulit ini adalah tungau atau sejenis kutu yang yang sangat kecil yang bernama sorcoptes scabies. Tungau ini berkembang biak dengan cara menembus lapisan tanduk kulit kita dan membuat terowongan di bawah kulit sambil bertelur.
Cara penularan penyakit ini dengan cara kontak langsung atau melalui peralatan seperti baju, handuk, sprei, tikar, bantal, dan lain-lain. Sedangkan cara pencegahan penyakit ini dengan cara antara lain :
  • Menjaga kebersihan diri, mandi dengan air bersih minimal 2 kali sehari dengan sabun, serta hindari kebiasaan tukar menukar baju dan handuk
  • Menjaga kebersihan lingkungan, serta biasakan selalu membuka jendela agar sinar matahari masuk.
Cara efektif mencegah penyakit kulit (berdasarkan faktor penyebab penyakit), sebagao berikut :
Penyediaan air tidak memenuhi syarat
  1. Gunakan air dari sumber yang terlindung
  2. Pelihara dan jaga agar sarana air terhindar dari pencemaran
Kesehatan perorangan jelek
  1. Cuci tangan pakai sabun
  2. Mandi 2 kali sehari pakai sabun
  3. Potong pendek kuku jari tangan
Perilaku tidak hygienis
  1. Peralatan tidur dijemur
  2. Tidak menggunakan handuk dan sisir secara bersamaan
  3. Sering mengganti pakaian
  4. Pakaian sering dicuci
  5. Buang air besar di jamban
  6. Istirahat yang cukup
  7. Makan makanan bergizi


rainbowKERACUNANA MAKANAN
Cara efektif mencegah Keracunan Makanan, berdasarkan faktor penyebab penyakit, sebagai berikut :

Makanan rusak atau kadaluwarsa
  1. Pilih bahan makanan yang baik dan utuh
  2. Makanan yang sudah rusak/kadaluwarsa tidak dimakan
Pengolahan Makanan tidak Akurat
  1. Memasak dengan matang dan panas yang cukup
  2. Makan makanan dalam akeadaan panas/hangat
  3. Panaskan makanan bila akan dimakan
Lingkungan tidak bersih / higienis
  1. Tempat penyimpanan makanan matang dan mentah terpisah
  2. Simpan makanan pada tempat yang tertutup
  3. Kandang ternak jauh dari rumah
  4. Tempat sampah tertutup
Perilaku tidak higienis
  1. Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makan
  2. Cuci tangan pakai sabun sesudah BAB
  3. Bila sedang sakit jangan menjamah makanan atau pakailah tutup mulut.


rainbowPENYAKIT MALARIA
Cara efektif mencegah Penyakit Malaria, berdasarkan faktor penyebab penyakit, sebagai berikut :

Lingkungan rumah /ventilasi kurang baik
  1. Memasang kawat kasa pada ventilasi /lubang penghawaan
  2. Jauhkan kandang ternak dari rumah ayau membuat kandang kolektif
  3. Buka jendela atau buka genting kaca agar terang dan tidak lembab
Lingkungan sekitar rumah tidak terawat
  1. Sering membersihkan rumput / semak disekitar rumah dan tepi kolam
  2. Genangan air dialirkan atau ditimbun
  3. Memelihara tambak ikan dan membersihkan rumput
  4. Menebar ikan pemakan jentik
Perilaku tidak sehat
  1. Melipat dan menurunkan kain/baju yang bergantungan
  2. Tidur dalam kelambu
  3. Pada malam hari berada dalam rumah

Kamis, 01 Oktober 2009

Angka Kredit Sanitarian

Detail Kegiatan dan Angka Kredit Sanitarian

Pada saat mengikuti Seminar Nasional dan Lokakarya Strategi Manajemen Kesehatan Lingkungan Daerah Tertinggal yang diadakan Program Magister Kesling Undip Semarang, saya sempat bertemu dengan Pak Munir (yang mengaku pengunjung setia blog ini). Beliau salah seorang Sanitarian dari Kabupaten di Jawa Tengah. Dari perbincangan singkat dengan beliau ada pertanyaan dan pernyataan yang sedikit menggelitik terkait Sistem Angka Kredit Sanitarian. Walaupun posting berikut belum dapat menjawab secara tuntas pertanyaan beliau, namun kami harapkan dapat membantu rekan-rekan sanitarian, khususnya terkait dengan hiruk pikuk pengajuan angka kredit untuk kenaikan pangkat (hitung-hitung tidak usah ngetik ulang).

Checklist isian angka kredit sanitarian ini untuk sementara kami lampirakan bagi Sanitarian Pelaksana Lanjutan. Sedangkan dasar yang dipakai adalah Lampiran II : Keputusan Bersama Menteri Kesehatan dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 413/MENKES/SKB/III/2000 dan Nomor : 14 TAHUN 2000 Tanggal 10 Maret 2000.

sanitarian kitSetelah download checklist ini dapat dipergunakan dengan melakukan penyesuaian pada beberapa item kegiatan disesuaikan dengan realisasi pelaksanaan di tempat kerja anda. Garis besar item checklist pengajuan angka kredit sanitarian ini antra lain :

  1. Surat Pernyataan Melakukan Pekerjaan Sanitarian Pelaksanan Lanjutan
  2. Laporan Hasil Kegiatan Pekerjaan Sanitarian Pelaksana Lanjutan
  3. Daftar Usul Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Sanitarian Pelaksna Lanjutan
  4. Laporan Harian Kegiatan Sanitarian
  5. Laporan Hasil Kegiatan Pekerjaan Sanitarian Pelaksana Lanjutan


Checklist Anka Kredit Sanitarian Pelaksana Lanjutan Dapat ANDA DOWNLOAD Disini