Blogger templates

Senin, 09 November 2009

Mencari Uang di Internet Marketing

smile_winkApa Itu Affiliate Marketing? Prospektifkah ?
Bagi rekan Sanitarian pasti pernah mendengar, bahwa bisnis internet sudah sekian lama mengalami booming. Jika kita coba cari di google maka internet marketing merupakan topik yang paling banyak dicari di Indonesia. Salah satu jenis bisnis melalui internet tersebut adalah suatu jenis program yang dikenal dengan istilah affiliate marketing.
Pada dasarnya Affiliate marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet.  Sebetulnya pronsip model bisnis ini merupakan sudah ada sejak jaman dahulu,  yaitu dengan prinsip hanya membayar jasa seseorang jika mereka berhasil menjual. Berdasarkan banyak studi Affiliate marketing termasuk sebuah bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya. Dalam affiliate marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant.
Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sedangkan orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.
Kalau kita mendaftarkan diri pada 'affiliate program' milik affiliate merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka.Kata lain bagi affiliate program adalah 'associate programs', 'bounty programs', 'referrer programs', 'partner programs' atau 'revenue sharing programs'. Istilah-istilah tersebut pada dasarnya mempunyai arti sama.
Jika Anda pernah bekerja untuk seseorang atau perusahaan dan mendapatkan komisi? Affiliate marketing adalah model bisnis semacam itu. Anda pernah juga diberi uang jasa karena berhasil mendapatkan orang yang bersedia melakukan transaksi bisnis dengan seseorang? Kalau di dunia nyata biasanya hal ini kita kenal dengan istilah 'calo', 'perantara' atau 'broker'. Contoh lainnya, ada mobil yang akan dijual, kita bantu mencari orang yang ingin membeli mobil tersebut. Kalau kita berhasil mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut, kita biasanya diberi komisi atas jasa kita mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut. Affiliate marketing kurang lebih juga serupa dengan bisnis demikian.
Pertanyaannya kemudian, bagaimana Cara kerja sebuah Affiliate Marketing?
Dalam bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui 'link khusus' atau dikenal dengan istilah 'affiliate link'. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Sedangkan cara kerja affiliate link adalah sebagai berikut:
Misalnya ketika anda mendapatkan sebuah produk online pada sebuah situs, yang menawarkan program affiliate. kemudian anda tertarik untuk menjualnya. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan. Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi Anda, alamat lengkap, Anda penerima 'cek' (untuk komisi), email, nomor telepon, dan lain-lain.
Kita juga akan diminta untuk membaca 'affiliate agreement'. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).
Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka. Setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah 'affiliate link' untuk kita. Tugas anda selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Misalnya saja dengan cara menempatkan link itu di web site kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan 'mengklik' dan MEMBELI produk/jasa yang kita pasarkan tersebut.
Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia affiliate marketing. Affiliate merchant melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membelinya lewat link kita. Sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan affiliate link yang mereka berikan. Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan 'affiliate ID' kita, yang berfungsi mengidentifikasi KITA sebagai satu- satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi!
Terdapat beberapa macam model penghasilan uang melalui affiliate marketing ini, antara lain :
Pay-Per-Sale Affiliate Program : Melalui model jenis ini, anda memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita. Contoh barang atau jasa yang biasa dipasarkan dengan cara 'pay-per-sale' adalah penjualan e-book dan software.
Besar komisi pay-per-sale ini bervariasi. Mulai dari hanya beberapa persen saja sampai 60% bahkan juga ada yang lebih. Saya sendiri lebih suka menjual e-book atau biasa disebut sebagai 'information product'.
Pay-Per-Click Affiliate Program : Program Pay-Per-Click Affiliate mempunyai system kerja dengan cara, anda akan mendapatkan bayaran pada saat sebuah "link iklan" di situs kita, diklik oleh pengunjung kita. Siapa yang membayar? Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang bersedia MEMBAYAR bila link iklan mereka "diklik" oleh pengunjung kita. Yang perlu kita lakukan adalah menyisakan ruang iklan di situs kita untuk program tersebut. Dari setiap klik pada iklan tersebut, kita akan mendapatkan sedikit uang. Program pay-per-click yang populer saat ini adalah Google's Adsense. Iklan google ini sangat mudah dikenali dengan adanya sebuah tulisan dengan judul "Ads By Google". Setiap kali orang mengklik iklan tersebut, pemilik situs akan menerima pembayaran.
Recurring Affiliate Program : Model program recurring ini, affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala. Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Seperti web hosting, auto-responder dan keanggotaan website lainnya. Anda hanya menjual jasa berlangganan ini satu kali,  namun komisi yang anda terima bisa selamanya, sepanjang pelanggan membayar biaya bulanan mereka!
Recurring program seperti ini sangat baik karena memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tetap yang bisa kita dapatkan setiap bulan.
Pay Per Lead Affiliate Program : Pay-per-lead adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui affiliate link kita. Dalam program ini, affiliate merchant yang memutuskan apakah leads yang kita bawa memenuhi kualifikasi atau tidak. Mereka biasa memutuskannya dari 'informasi kontak prospek' yang mereka dapatkan dari kita.
Pay-Per-Search Affiliate Program : Program pay-per-search ini hampir mirip dengan pay-per-click. Hanya saja yang berbeda adalah modelnya. Lewat program pay-per-search ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui "search box" khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka mengklik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.
Hybrid Programs :  Ada banyak affiliate merchant yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda.Contoh: Mereka biasanya menawarkan komisi 10 sen setiap kali ada orang yang HANYA mengklik banner dan kemudian komisi 15% bila terjadi penjualan. Ada juga merchant yang menawarkan macam-macam bonus kalau kita mencapai angka penjualan tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar