Blogger templates

Kamis, 10 Januari 2013

Penyebab Kecemasan yang Sebenarnya

http://www.toko-alkes.com/

penyebab kecemasan sebenarnya memang sering samar-samar karena timbul sejak pasien itu masih kecil, ketika dia ia menghadapi beberapa keadaan yang sangat tidak berdaya karena penolakan dari salah satu atau kedua orang tuanya, tentu saja ia berusaha melupakan segala kenangan yang tidak menyenangkan itu, tetapi hal-hal yang tidak di inginkan masih terpendam dalam fikiranya tanpa disadarinya . kemudian untuk mengelakan pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan itu, ia mulai menghindari sesuatu yang mengingatkan dia tentang pengalaman sedih yang mula-mula itu. kejadian seperti itu mungkin terulang di masa mendatang, seperti halnya dengan "shellshock" atau kehilangan daya ingatan sesudah pertempuran. AMNESIA adalah istilah medis untuk keadaan ini. orang itu boleh jadi bukan saja menekan semua kenangan tentang peristiwa yang tidak menyenangkan, bahkan boleh jadi untuk sementara waktu ia ,, melupakan,, identitasnya sendiri, termasuk nama, umur , latar belakang, keluarga , dan sesuatu kenangan masa lampau.

jika pasien itu merasa bahwa ia sendiri bertanggung jawab atas kenangan yang tidak menyenangkan itu, ia akan mempunyai juga perasaan bersalah yang kuat bersama-sama kecemasan itu. Dalam hal itu mungkin ia mempunyai kerinduan yang tidak disadari akan suatu jenis hukuman untuk meringankan perasaan bersalah ini. Reaksi-reaksi yang aneh seperti itu sering kelihatan pada anak-anak muda yang rela dihukum karena tingkah laku mereka yang tidak senonoh. Reaksi-reaksi yang anaeh-aneh ini kelihatan pula pada orang-orang yang lebih tua. ada pula yang memindahkan perasaan bersalah yang kuat ini kepada sesuatu alat tubuh atau bagian tubuh, dan menunjukkan suatu gejala yang lebih dapat di terima, seperti sakit kepala yang hebat , debar jantung yang cepat atau nyeri di perut, akhirnya pasien seperti itu mendapat tekanan darah tinggi , atau ulcus pepticum, ganguan usus, asthma bronchiale, atau sesuatu penyakit kulit menahun. segala keadaan ini telah diketahui berasal dari perasaan cemburu atau persaingan didalam keluarga yang sangat ditahan-tahan selama masih muda.

BAGAIMANAKAH HAL INI TERJADI ? sejak seorang anak di lahirkan,  ia mempunyai keperluan-keperluan menurut naluri yang dapat di penuhi hanya oleh ibunya. bila ia lapar atau terganggu, ia mulai menangis dengan segera. lalu ibunya dengan lekas-lekas menolong dia, dan meringankan ketegangan perasaan yang tidak berdaya kepada anak itu. selama ibunya hadir , ia merasa senang dan mungkin tertidur dengan segera. bila ia terbangun ia akan menjadi cemas dan takut lagi, tapi dengan adanya penjagaan ibu yang tetap, ia mulai belajar menghilangkan rasa takut itu. hal ini mengembangkan didalam dirinya suatu perasaan keamanan, sehingga dengan berangsur-angsur ia akan kehilangan perasaan tidak berdaya.

selama ia masih kecil, kehadiran ibunya yang membawa penghiburan itu lebih berrti kepadanya dari pada sesuatu yang lain didunia. malah tidak seorangpun  mengambil tempat ibunya. mungkin ia dapat membiarkan kehadiran orang-orang asing, tetapi ia lebih aman bila ibunya ada disampingnya. Dibawah asuhan ibunya yang teliti akhirnya ia dapat pergi kemana saja dan berbuat apa saja yang ia inginkan, merasa aman sebab mengetahui bahwa ia adalah bagian dari anggota-anggota keluarga yang disenangi. Tahun-tahun dimasa mudanya paling penting dalam seluruh kehidupanya, sebab justru pada waktu itulah dasar-dasar kesehatan jiwa yang baik diletakkan.

sekarang biarlah kita andaikan bahwa ibu sedang dalam keadaantegang dan lekas marah dan pikiranya di penuhi dengan perkara-perkara yang lain , sehingga bayinya yang baru dilahirkan tidak mendapat pemeliharaan yang patut di perolehnya. Ia berada dalam kekurangan yang serius sejak mulanya, kecuali ia mempunyai saudara perempuan atau bibi (tante) yang dapat mengisi kasih sayang seorang ibu. Walau demikian , mungkin ia masih juga menunjukan perasaan tidak nyaman. tetapi jika ia tidak diberi pemeliharaan ibu yang selayaknya, ia mungkin dipenuhi dengan ketakutan dan kecemasan sementara ia menjadi besar dan tidak diragukan lagi ia akan merasa bahwa segenap dunia menentang dia. Banyak perkara tergantung pada suasana didalam rumah selama kehidupannya dimasa muda.

0 komentar:

Posting Komentar