Blogger templates

Kamis, 19 November 2009

Indikator Kabupaten/Kota Sehat

Dasar Hukum dan Indikator Program Kabupaten/Kota Sehat

Bagi rekan Sanitarian mungkin sudah paham dengan program unggulan yang sudah menjadi agenda dua tahunan Depkes, program Kabupaten/Kota Sehat. Program ini mencoba mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat Kabupaten  dan Kota (dengan peran aktif masyarakat) sehingga dapat sinkron dan menjelma menjadi daya ungkit besar terhadap kriteria sehat pada segala sektor dan bidang. Berikut ini informasi terkait program tersebut serta link download indikator kabupaten dan kota sehat seseuai  Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat
Dasar Penyelenggaran Kab / Kota Sehat
  1. UU Nomor : 32 Tahun 2004tentang Pemerintahan Daerah
  2. UU Nomor: 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan
  3. UU Nomor: 25 Tahun 2004 Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional
  4. Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat
Dasar hukum pembentukan Tim Pembina Teknis Kab./Kota Sehat adalah :
  1. clip_image002[4]KepMendagri No. 650/174 Tahun 1998 Tentang Pembentukan Kelompok Kerja Pembinaan Pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat
  2. KepMendagri No. 650-185 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Kelompok Kerja Pembinaan Pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat
Pengertian : Kabupaten sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa.

Tatanan : adalah sasaran Kabupaten Sehat yang sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing kecamatan di Kabupaten.

Kawasan sehat  : dalah kondisi wilayah tertentu yang bersih, nyaman, aman dan sehat bagi pekerja dan masyarakat dikawasan tersebut dengan mengoptimalkan potensi masyarakat dan pekerja, melalui pemberdayaan pelaku pembangunan yang terkait, difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah.

Desa sehat adalah suatu upaya untuk menyehatkan kondisi pedesaan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya dengan mengoptimalkan potensi masyarakat , melalui pemberdayaan kelompok kerja masyarakat , difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah.

Forum Kabupaten/Kota adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpatisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujutkan wilalah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.

Forum Komunikasi Desa Sehat adalah wadah bagi masyarakat di kecamatan kabupaten untuk mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan dan mensimplikasikan prioritas, perencanaan antara desa satu dengan desa lainnya diwilayah kecamatan yang dilakukan oleh masing-masing Pokja Desa Sehat mewujutkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya.

Kelompok Kerja adalah wadah bagi masyarakat di kecamatan perkotaan / di pedesaan atau yang bergerak dibidang usaha ekonomi, sosial dan budaya dan Kesehatan untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasim kegiatan yang disepakati mereka sehingga dapat mewujutkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan bekerja.

Tujuan : Tujuan Program Kabupaten Sehat pada dasarnya adalah tercapainya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program Kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat. 

Sasaran :
  1. Terlaksananya program Kesehatan dan sektor terkait yang sinkron dengan kebutuhan masyarakat, melalui perberdayaan forum yang disepakati masyarakat.
  2. Terbentuknya forum masyarakat yang mampu menjalin kerjasama antar masyarakat, pemerintah kabupaten dan pihak swasta, serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujutkan sinergi pembangunan yang baik.
  3. Terselenggaranya upaya peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya serta perilaku dan pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan secara adil, merata dan terjangkau dengan memaksimalkan seluruh potensi sumber daya di kabupaten tersebut secara mandiri.
  4. Terwujutnya kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk menigkatkan produktifitas dan ekonomi wilayah dan masyarakatnya sehingga mampu meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik.
Model Kabupaten Sehat.
  1. Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana umum : penanggung jawab teknis Dinas PU.
  2. Kawasan sarana lalu lintas yang tertib dan Pelayanan Transportasi : penanggung jawab Dinas Perhubungan
  3. Kawasan Pertambangan sehat : penanggung jawab Pertambangan.
  4. Kawasan Hutan sehat : penanggung jawab Dinas Kehutanan.
  5. Kawasan Industri dan Perkantoran sehat : penanggung jawab Dinas Koperindag.
  6. Kawasan Pariwisata sehat : penanggung jawab Kantor Pariwisata.
  7. Ketahanan Pangan dan Gizi : Penanggung Jawab Dinas Pertanian
  8. Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri : penanggung jawab Dinas Kesehatan.
  9. Kehidupan sosial Yang sehat : penanggung jawab Dinas Pemberdayaan Masyarakat.
Penghargaan SWASTI SABA diklasifikasikan atas 3 katagori :
  1. Penghargaan PADAPA (Pemantapan) dari MENKES
  2. Penghargaan WIWERDA (Pembinaan) dari MENKES
  3. Penghargaan WISTARA (Pengembangan) dari PRESIDEN
  4. Penghargaan WISTARA diberikan pada taraf pengembangan :
Ciri-Ciri Kota Sehat
  1. Pendekatan tergantung permasalahan yang dihadapi
  2. Berasal dari kebutuhan masyarakat, dikelola oleh masayarakat, sedangkan pemerintah sebagai fasilitator
  3. Mengutamakan pendekatan proses daripada target, tidak mempunyai batas waktu, berkembang sesuai sasaran yang diinginkan masyarakat yang dicapai secara bertahap.
  4. Penyelenggaraan kegiatan didasarkan kesepakatan dari masyarakat (Toma, LSM setempat) bersama Pemkab
  5. Pendekatannya juga merupakan master plan Kota.
  6. Pemkab merupakan partner kunci yang melaksanakan kegiatan
  7. Kegiatan tersebut dicapai melalui proses dan komitmen pimpinan daerah, kegiatan inovatif dari berbagai sektor yang dilakukan melalui partisipasi masyarakat dan kerjasama
  8. Dalam pelaksanaan kegiatan harus terintegrasi kondisi fisik, ekonomi, dan budaya setempat
Kebijakan
  1. Penyelenggaraan Kab./Kota Sehat diwujudkan dengan menyelenggarakan semua program yang menjadi permasalahan di daerah, secara bertahap, dimulai kegiatan prioritas bagi masyarakat di sejumlah kecamatan pada sejumlah desa/kelurahan atau bidang usaha yang bersifat sosial ekonomi dan budaya di kawasan tertentu.
  2. Pelaksanaan Kab./Kota sehat dilaksanakan dengann menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan melelui pembentukan Forum yang disepakati masy. Dengan dukungan pemerintah daerah dan mendapatkan fasilitasi dari sektor terkait melalui program yang telah direncakan
  3. Setiap kabupaten/kota menetapkan kawasan potensial sebagai entry point yang dimulai dengann kegiatan sederhana yang disepakati masyarakat, kemudian berkembang dalam suatu kawasan atau aspek yang lebih luas, menuju kabupaten/kota sehat 2010.
  4. Penyelenggaraan Kab./kota sehat lebih mengutama kan proses dari pada target, berjalan terus-menerus dimulai dengan kegiatan prioritas dalam suatu tatanan kawasan dan dicapai dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan masyarakat dan semua stakeholder yang mendukung.
  5. Kesepakatan tentang pilihan tatanan kabupaten/kota sehat dengan kegiatan yang menjadi pilihan serta jenis dan besaran indikatornya ditetapkan oleh forum bersama-sama dengan pemerintah daerah.
  6. Program-program yang belum menjadi pilihan masy. diselenggarakan secara rutin oleh masing-masing sektor dan secara bertahap program-program tsb disosialisasikan secara intensif kepada masy. dan sektor terkait melalui pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh forum kabupaten/kota sehat.
  7. Pelaksanaan kegiatan kabupaten/kota sehat sepenuhnya dibiayai dan dilaksanakan oleh daerah yang bersangkutan dan masyarakat dengan menggunakan mekanisme pendekatan konsep pemberdayaan ma-syarakat dari, oleh dan untuk masyarakat.
  8. Evaluasi kegiatan kabupaten/kota sehat dilakukan oleh forum dan pokja kota sehat bersama-sama pemerintah daerah, LSM, perguruan tinggi, media massa selaku pelaku pembangunan.
Strategi
  1. Melibatkan semua potensi yang ada di masy. dalam forum & pokja, sebagai penggerak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.
  2. Forum didampingi oleh sektor tehnis sesuai dengan potensi kawasan sehat melakukan advokasi kpd penentu kebijakan
  3. Mengembangkan kegiatan kab./kota sehat yang sesuai dengann visi dan misi potensi daerah dengann berbagai simbol/moto, semboyan yang dipahami & memberikan rasa kebanggaan bagi warganya.
  4. Mengembangkan informasi dan promosi yang tepat sesuai dengan kondisi setempat baik berupa media cetak, elektronik termasuk melalui internet, media tradisional.
  5. Meningkatkan potensi ekonomi daerah/wilayah dengan kegiatan yang menjadi kesepakatan masyarakat.
  6. Menjalin kerjasama antara forum kab./kota yang melaksanakan program kabupaten/kota sehat.
Tatanan Kab./Kota sehat
  1. Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum
  2. Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib & Pelayanan Transportasi
  3. Kawasan Industri & Perkantoran yang Sehat
  4. Kawasan Kawasan Pariwisata Sehat
  5. Kawasan Pertambangan Sehat
  6. Kawasan Hutan Sehat
  7. Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri
  8. Ketahanan Pangan dan Gizi
  9. Kehidupan Sosial yang Sehat.
Komponen yang harus ada pada program Kota / Kab. Sehat antra lain :
  1. Tim Pembina Tehnis Kabupaten (Tingkat Kabupaten).
  2. Forum Kabupaten/Kota Sehat (Tingkat Kabupaten)
  3. Forum Komunikasi Desa/Kelurahan Sehat (Tk. Kecamatan)
  4. Kelompok Kerja (Tk. Desa/Kelurahan)
Peran PKK pada program Kota /Kab.Sehat adalah pemberdayaan masyarakat pada tatanan yang dipilih oleh Forum antra lain :
  1. Kawasan Permukinan Sarana dan Prasarana Sehat
  2. Kehidupan Masyarakat yang Sehat Mandiri
  3. Ketahanan Pangan dan Gizi
  4. Kehidupan Sosial yang Sehat
  5. Kawasan Pariwisata Sehat
  6. Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat
Klasifikasi dan Kriteria Penghargaan Kab/Kota Sehat
  1. Klasifikasi Kab/Kota Sehat : Pemantapan, Pembinaan, dan Pengembangan
  2. Klasifikasi ditentukan berdasarkan jumlah tatanan yang dipilih
  3. Kriteria tatanan
  4. Kegiatan dalam tatanan
  5. Berfungsinya Forum Kabupaten Sehat, FKDS, dan Pokja tingkat Desa
  6. Berfungsinya Tim Teknis Kabupaten
Sedangkan jenis penghargaan diklasifikasikan sebagai berikut :
  1. Penghargaan PADAPA (Pemantapan) Minmal 2 tatanan
  2. Penghargaan WIWERDA (Pembinaan) 3 4 tatanan
  3. Penghargaan WISTARA (Pengembangan) > 5 tatanan
Verifikasi Program Kabupaten Kota Sehat
Dalam rangka pemberian penghargaan terhadap program kabupaten/Kota Sehat dilakukan pemberian penghargaan setiap 2 tahun sekali. Dasar pelaksanaan penghargaan ini antra lain tercantum pada BAB V pasal 11 dijelaskan bahwa penghargaan Kab/ Kota Sehat Tingkat Nasional dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Dalam selang waktu tersebut dilaksanakan seleksi thd kab/ kota oleh tim Seleksi Kab/ Kota Sehat tingkat Propinsi. Selanjutnya pengiriman hasil seleksi Kab/Kota Sehat oleh Tim Penilai Tingkat Propinsi ke Pusat (dengan melampirkan formulir penilaian dan dokumen pendukung) sesuai pedoman verifikasi. ( Pebruari-Maret 2009)
  1. Tim Penilai Kab/Kota Sehat Tkt Pusat menseleksi administrasi (April-Mei 2009)
  2. Tim Penilai tkt Pusat ke daerah utk mengklarifikasi / verifikasi (Juni-Agustus 2009)
  3. Penetapan calon penerima penghargaan oleh tim pusat (September 2009)
  4. Pengiriman calon pemenang kab/ kota sehat ke Mendagri utk mendapat rekomendasi/ persetujuan (September 2009)
  5. Pengesahan Penenang Kab/ Kota sehat oleh Menkes (Oktober 2009)
  6. Pemberian penghargaan SWASTI SABA (Nopember 2009)
Sedangkan variabel yang diverifikasi
  1. Cakupan Pelaksanaan (Tatanan, Kecamatan, Desa/Kel)
  2. Prestasi Daerah (penghargaan-penghargaan yang sudah diperoleh)
  3. Aktifitas TIM PEMBINA
  4. Aktifitas FORUM
  5. Aktifitas FORKOM DESA/ KEL
  6. Aktifitas POKJA DESA
  7. HASIL KEGIATAN
Indikator Program Kabuppaten/Kota Sehat sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat, Dapat Anda DOWNLOAD disini

Kamis, 12 November 2009

Weekend Seminar 2009

 id=
Weekend seminar adalah yang diadakan setiap tahunnya dan dihadiri oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai negara. pada tahun 2009 ini, weekend seminar akan diadakan pada tanggal 21 dan 22 november bertempat di Istora Senayan.

Acara yang diadakan selama dua hari ini akan diisi dengan materi-materi yang dibawakan oleh pembicara internasional seperti Billie Lim (penulis buku “best seller” asal Malaysia Berani Gagal / Dare to fail), James Gwee (motivator), serta beberapa pembicara bertaraf internasional lainnya. Grup band asal Jogjakarta, Jikustik, Magician Limbad dan Damian pun tidak ketinggalan akan turut menghibur peserta pada acara weekend seminar 2009 ini.

Banyak orang telah menemukan kesuksesannya melalui weekend seminar, acara yang telah berlangsung setiap tahunnya sejak tahun 2005 ini telah melahirkan banyak pemimpin dan pelaku wirausaha. Dan kini, giliran anda untuk berubah!

Sampai jumpa di Weekend Seminar 2009
Sumber : trisulotiens.com

Kamus Istilah Internet Marketing

Kamus Istilah Internet Marketing yang Perlu Diketahui

Menyambung tulisan terdahulu tentang affiliate marketing, berikut ini kami tuliskan beberapa pengertian istilah yang terkait dengan internet marketing dan affiliate marketing (ditulis dari berbagai sumber).
A
Ad Blocker : Software dalam browser yang berfungsi mencegah tampilnya banner, Pop-up dan iklan-iklan interaktif lainnya.
Ad Copy : Kita pernah melihat iklan baris atau iklan lainnya di Koran? Nah, kata-kata iklannya itu di sebut 'Ad Copy' alias Naskah iklan.
Ad Impression / View : Tampilan iklan yang dilihat oleh pengunjung web pada webpage, newsletter atau email. Di Internet ada banyak perusahaan yang menjual iklan berdasarkan banyaknya tampilan.
Ad Space : 'Ruang iklan' dalam suatu website.
Add URL / Add Site / Add Page : Menambahkan halaman website pada sebuah search engine atau direktori online.
Affiliate : Orang yang membantu menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang mereka hasilkan.
Affiliate Agreement : Sebuah dokumen kontrak antara seorang affiliate dan seorang merchant (pemilik produk/jasa). Biasanya di dalamnya terdapat syarat dan ketentuan sebuah hubungan bisnis. Dokumen ini merupakan perjanjian legal yang mengikat.
Affiliate Fraud : Kegiatan ilegal yang dilakukan seorang affiliate untuk menghasilkan uang.
Affiliate Marketing : Pemasaran yang dilakukan seorang affiliate untuk memasarkan produk/jasa di internet.
Affiliate Program : Sebuah model bisnis yang membayar komisi kepada seseorang yang berhasil mendapatkan penjualan untuk merchant (pemilik produk/jasa) melalui link khusus.
Affiliate Program Directory : Sebuah web site yang berisi macam-macam program affiliate.
Affiliate Program Manager : Orang yang bertanggung jawab menjalankan program affiliate. Tugas seorang affiliate program manager adalah menjaga hubungan dengan affiliate secara teratur, menjalankan program marketing dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut masalah affiliate program perusahaan mereka.
Affiliate Software : Software yang digunakan oleh affiliate manager untuk memantau dan melaporkan kegiatan (klik, prospek, registrasi, penjualan) yang dihasilkan oleh affiliate-nya.
Affiliate Solution Provider : Sebuah badan usaha third party (pihak ketiga) yang menyediakan software, database support, affiliate ID dan link-tracking serta jasa pembayaran untuk para merchant yang memiliki program affiliate.
Affiliate URL / Affiliate Link : Link khusus yang berisi kode tertentu untuk bisa mengenali; hasil penjualan, atau prospek milik seorang affiliate.
Anonymous FTP (File Transfer Protocol) :Pada umumnya, anonymous FTP digunakan untuk meng-upload files ke web server atau untuk men-download aplikasi.
AOL Search : Search engine yang dapat digunakan oleh siapa saja -bukan hanya pelanggan akses internet AOL- yang memiliki akses ke internet.
Archive : Sebuah halaman situs yang berisi link-link menuju file lain agar penyimpanannya lebih efisien. Archive biasa dipakai untuk membuat salinan atau koleksi data-data terdahulu seperti kumpulan update, newsletter, dan lain-lain.
Associate : Kata lain dari affiliate.
Attachment : Fasilitas pada sebuah program email yang dapat digunakan untuk mengirimkan file atau gambar yang diikutsertakan pada email yang akan dikirim.
Authorization : Authorization menunjukkan bahwa pemegang kartu kredit memiliki kredit yang cukup untuk melakukan pembelian.
Autoresponder : Software yang akan mengirim pesan email secara otomatis pada jadwal yang kita atur sendiri. Pesan email kita akan terkirim secara otomatis saat pelanggan memasukan informasi email mereka melalui form yang terdapat pada situs.
B
B2B / BtoB (Business-to-Business) :Perdagangan yang lebih diutamakan antara sesama pelaku bisnis daripada antara para pelaku bisnis dan konsumen.
B2C / BtoC (Business-to-Consumers) : Perdagangan antara para pelaku bisnis dan konsumen.
B2G / BtoG (Business-to-Government) :Perdagangan antara para pelaku bisnis dan pemerintah.
Banner Ad : Sebuah iklan bergambar, serupa dengan billboard dan dipasang pada situs.
Bit :Singkatan dari binary digit. Unit terkecil data dalam sebuah komputer. Satu bit memuat satu Boolean value yaitu, 0 atau 1.
Bookmark : Pencatat elektronik dalam browser yang berisi alamat-alamat webpage yang kita senangi di Internet. Dalam browser Microsoft Internet Explorer, 'pencatat' ini disebut "Favorites", sedangkan dalam browser Netscape dan Mozilla Firefox disebut "Bookmarks".
Bounce : Kiriman email yang kembali kepada si pengirim karena alamat yang dituju tidak ada, salah ketik, atau kelebihan kapasitas alias email yang dituju penuh.
Bps (bits per second) : Satuan ukuran yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik.
Brand Marketing : Konsep marketing sebuah produk, jasa, atau perusahaan untuk mengidentifikasi perbedaan manfaat dan kualitasnya dengan jelas.
Browser : Sebuah program yang memungkinkan pengguna internet mengakses dan membaca dokumen yang ditulis dalam hypertext pada world wide web (www) yang terkoneksi dengan internet. Browser yang paling populer saat ini adalah Internet Explorer, Opera, Mozilla dan Netscape.
Byte : Sebuah kelompok yang terdiri dari delapan (8) bits yang digunakan untuk menggambarkan sebuah karakter seperti huruf (a), bilangan (1), atau simbol tipografi (?).
C
Cache/ Caching : Sebuah tempat untuk menyimpan sesuatu sementara waktu untuk akses yang lebih cepat di kemudian hari. Biasanya webpages ditempatkan di browser's cache directory dalam suatu hard disk atau lokal proxy server.
Cardholder : : Pemegang kartu kredit atau kartu debit.
Card Issuing Bank : Bank yang menerbitkan kartu kredit atau kartu debit kepada individu atau perusahaan.
CC (Carbon Copy) : Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat utama yang dituju.
CGI (Common Gateway Interface) : Cara sebuah web server untuk menyampaikan permintaan pengguna web kepada program aplikasi dan untuk menerima data kembali untuk disampaikan kepada pengguna tersebut. CGI biasanya digunakan untuk memproses online forms.
Charge Back : Pengembalian produk/uang yang dibeli oleh pelanggan sehingga mengakibatkan pembatalan komisi affiliate.
Chat Room : Tempat para pengguna web untuk berkomunikasi secara langsung.
Client : Sebuah program software yang digunakan untuk mengontak dan mendapatkan data/informasi dari program software pada komputer lain. Misalnya, program email
Eudora adalah sebuah email 'client'.
Clip Art : Koleksi gambar dan animasi
Co-Branding : Permohonan menempatkan logo, nama perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan merek produk/perusahaan kita pada sebuah produk atau situs.
Conversion Rate : Persentase pengunjung sebuah website yang memiliki keinginan untuk melakukan tindakan (seperti mengklik, registrasi, subscribe, membeli, dsb).
Cookies : Kode tertulis yang disimpan sebuah website pada hard disk komputer pengunjungnya agar bisa mengingatkan sesuatu pada pengunjung tersebut di lain waktu. Misalnya, cookies mencatat untuk komputer prospek kita setelah ia mengklik suatu affiliate link. Cookies digunakan agar bisa mengidentifikasi affiliate mana yang harus diberi komisi.
Cost-Per-Sale : Harga yang berhubungan dengan pembayaran komisi kepada advertiser untuk setiap penjualan dalam suatu affiliate.
CPA (Cost-Per-Action) : Biaya yang dibebankan kepada advertiser untuk setiap pengunjung yang melakukan beberapa aksi special dalam merespon suatu diluar iklan, seperti menjadi pelanggan newsletter.
CPC (Cost-Per-Click) : Biaya untuk setiap klik pada link iklan PPC (Pay Per Click).
CPL (Cost-Per-Lead) : Biaya yang didapat advertiser untuk setiap prospek yang didapat oleh affiliate.
CPM (Cost-Per-Thousand) ; Jumlah yang kita bayar untuk seribu (1.000) impression iklan banner pada situs orang lain.
CPO (Cost-Per-Order) : Biaya iklan berdasarkan banyaknya order yang diterima.
CPT (Cost-Per-Transaction) : Biaya iklan berdasarkan banyaknya transaksi yang dilakukan.
Crawler / Spider / Bot : Program yang mengunjungi dan membaca webpage untuk membuat catatan dalam indeks search engine.
CRON Script / CRON Job : Daftar dari satu atau lebih perintah dalam sistem pengoperasian komputer atau application server yang diproses dalam waktu tertentu.
CTR (Click Through Rate / Ratio) : Persentase ad impression yang dihasilkan melalui klik.
Cybercafe : Sebuah tempat, biasanya sebuah coffee shop, yang menawarkan akses internet kepada publik.
D
Database : Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data.
Dedicated Server : Peminjaman dan penggunaan secara eksklusif sebuah komputer yang termasuk web server, software terkait, dan koneksi ke internet, disimpan dalam perusahaan web hosting.
Deep Linking : Linking ke halaman lain yang ada dalam suatu website.
Demographics : Karakteristik fisik suatu populasi seperti umur, jenis kelamin, status, jumlah keluarga, pendidikan, lokasi geografi, dan pekerjaan.
DHTML (Dynamic HTML) : Tipe lanjutan dari HTML yang mengandung lebih banyak keistimewaan, seperti animasi.
Dial-Up Connection : Metode koneksi ke Internet Service Provider menggunakan koneksi telepon dalam sistem banyak line yang dibagi ke banyak pengguna. Koneksi dial-up dapat dijalankan secara manual atau secara otomatis oleh modem komputer atau perlengkapan lainnya.
Disclaimer : Disclaimer merupakan pernyataan pemilik copyright dalam suatu situs yang berisi tentang suatu informasi agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta .
Discussion Forums : Forum diskusi dalam suatu situs dimana orang-orang dapat berdikusi secara terbuka membahas bermacam-macam topik.
DNS (Domain Name Server) : Mesin yang menerjemahkan nama domain internet, seperti www.google.com ke internet protocol (IP) dengan alamat berupa nomor seperti misalnya: 216.239.51.100.
Domain : Definisi alamat di internet, yang juga merujuk ke sebuah negara dimana situs web tersebut igunakan. Misalnya "co.id" untuk Indonesia. Sedangkan "co" atau "com" digunakan untuk lembaga komersial dan "net" untuk lembaga yang berhubungan dengan internet.
Doorway / Bridge / Entry / Gateaway / Information Page
Doorway page merupakan halaman informasi yang dibuat untuk mengurutkan kedudukan tertinggi dalam search engines untuk frasa keyword khusus atau search engines yang spesifik.
Download
Mentransfer suatu file dari internet ke komputer.
E
E-book / Ebook
Versi elektronik dari print book tradisional yang dapat dibaca dalam komputer pribadi atau dalam perangkat khusus pembaca e-book.
E-Commerce / Ecommerce (Electronic Commerce)
Membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Email / Email (Electronic Mail)
Surat menyurat melalui internet. Para pengguna dapat saling bertukar informasi. Informasi tersebut akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca informasi yang ditujukan kepadanya kapan saja.
Email Discussion Lists
Sama dengan forum diskusi, tetapi diskusi ini dilakukan melalui email, tidak melalui web.
Email Marketing
Proses marketing yang dilakukan melalui email.
Email Signature
Sebuah pesan singkat yang menjadi kalimat penutup pada setiap email yang dikirim oleh seseorang. Email signature isinya bisa berupa affiliate links, link situs yang relevan, penawaran gratis dan pesan-pesan iklan. Lihat juga Signature File.
Encryption
Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektif untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-encryp, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-decryp pesan tersebut. Data yang tidak di-encryp disebut plain-text, sedangkan yang di-encryp
disebut cipher text.
EPC (Earning Per Click)
EPC adalah rata-rata pendapatan kita per klik. Jumlah ini diperoleh dari hasil pembagian pendapatan kita dengan banyaknya klik. Contohnya, jika kita mendapatkan klik sebanyak 100 kali dan setiap klik harganya $5.00, maka nilai EPC adalah $0.05.
EZINE
Suatu majalah atau newsletter elektronik, yang biasanya dikirim melalui email.
F
Favorites
Suatu cara untuk menyimpan alamat sebuah file atau webpage untuk referensi lebih lanjut di Microsoft Internet Explorer browser.
FFA (Free For All)
Page link dimana semua orang dapat menambahkan link. Fasilitas ini, sebaiknya dihiraukan saja karena hanya akan mendatangkan email-email spam.
File Transfer Protocol (FTP)
Cara yang paling umum untuk memindahkan files antar komputer, server, dan situs-situs internet.
Fire Wall
Hardware atau software yang berfungsi untuk memisahkan sebuah LAN (Local Area Network) menjadi dua bagian atau lebih, demi kepentingan keamanan.
Flame
Pesan yang isinya menghina atau menghasut yang dikirim melalui email, atau dikirim ke sebuah forum atau newsgroup.
Flash
Software tekenal yang dikembangkan oleh Macromedia. Software ini digunakan untuk mendesain dan manghasilkan animasi-animasi low-bandwith, presentasi, aplikasi, dan website. Untuk mendapatkan tampilan Flash File, users harus terlebih dahulu meng-install Macromedia Flash player. http://www.macromedia.com atau http://www.macromedia.com/software/flash/
Footer
Sering digunakan untuk menunjuk bagian terbawah dari sebuah halaman web.
Frames
Frames memungkinkan kita untuk menampilkan halaman web dalam sebuah windows/subwindows yang multiple dan independent, dimana informasi tertentu dapat terus nampak, sementara isi/content windows yang lain dapat di-scroll atau diganti.
Freeware
Freeware adalah software yang dapat kita download dan pakai secara gratis. Pemilik dari software ini masih memiliki hak ciptanya sehingga kita tidak bisa menggunakan kode software tersebut untuk keperluan apapun.
FTP (File Transfer Protocol)
Suatu cara untuk mentransfer file, seperti halaman web, di internet. Khususnya digunakan untuk meng-upload halaman web dan gambar ke host server. Server kemudian mengirimkan halaman-halaman yang diminta kepada user melalui internet.
FTP server
Komputer di internet yang menyimpan semua file yang akan ditransmisikan oleh FTP.
G
Gateway
Komputer yang menghubungkan sebuah network (jaringan) dengan network lainnya. Sering digunakan dalam perdagangan sebagai gateway (jalan) antara merchant/
pedagang dan bank.
Gateway Page
Dikenal juga dengan sebutan lainnya yaitu: bridge pages, doorway page, entry pages, portals atau portal pages, digunakan untuk memperbaiki penempatan search engine. Peringatan: beberapa search engine akan menolak sebuah situs secara keseluruhan jika keberadaan doorway/gateway pages terdeteksi.
Giga-
Awalan yang berarti satu miliar (1.000.000.000) bits.
Gigabit
Dalam data komunikasi, satu gigabit berarti satu miliar (1.000.000.000) bits.
Gigabyte
Ukuran untuk kapasitas penyimpanan data komputer. Satu gigabyte adalah 1.073.741.824 bytes.
Google
Google adalah search engine yang paling populer di dunia.
Guerrilla marketing
Teknik marketing baru yang mampu menghasilkan pendapatan maksimum dengan jumlah pengeluaran minimum.
H
Header
Bagian teratas dari sebuah email yang berisikan tentang informasi email itu sendiri; alamat "Kepada" dan "Dari", tanggal pengiriman, subject, dan lain-lain. Header biasanya juga digunakan untuk menunjuk bagian teratas dari sebuah halaman web.
Hidden links
Menambahkan links dari home page atau site map ke doorway atau hallway pages, sehingga search engines dapat bergerak dan mengindeksnya, sambil menjaga links tersebut agar tetap tidak terlihat oleh si pengunjung.
Hit
Permintaan untuk sebuah file, seperti HTML, image, audio, atau file lainnya dari web server. Untuk me-load sebuah halaman dengan 5 buah graphics dihitung sebagai 6
hits, 1 untuk halaman ditambah 1 untuk setiap graphics tersebut. Walaupun begitu, hits bukan ukuran yang sangat bagus suatu traffic sebuah website.
Home page
Entry page /halaman awal atau utama dari sebuah website.
HTML (Hypertext Markup Language)
Bahasa yang digunakan untuk menulis webpages di Web. HTML sebuah halaman web biasanya ditambah dengan akhiran .htm, .html, atau .shtml.
HTML banner
Iklan banner yang mencakup elemen-elemen HTML, seperti bentuk-bentuk interaktif atau pull-down menu.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Protocol yang digunakan oleh web servers untuk mengirim dan menerima informasi. Digunakan juga untuk menukar teks, gambar grafik, suara, video, dan file multimedia lainnya di web. Semua URL halaman web diawali dengan "http", meskipun penggunaannya bersifat bebas-pilih.
HTTPS (Secure Hypertext Transfer Protocol)
Tambahan keamanan dari HTTP. Program ini melindungi encrypts dan decrypts permintaan dari halaman web. Setiap kali kita membayar barang yang kita beli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian kartu kredit kita.
Hybrid Model
Bentuk komisi affiliate yang menggabungkan cara-cara pembayaran yang berbeda.
Hype (Hyperbole)
Pernyataan membesar-besarkan yang disengaja untuk efek emosional. Tujuannya bukan untuk mendapatkan pemahaman yang harfiah.
I
ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers)
ICANN adalah badan hukum swasta non-profit yang bertanggung-jawab untuk mengeluarkan IP address, sistem manajemen nama domain (.com, .net dan .org). http://www.icann.org
ICQ ("I Seek You")
ICQ adalah sebuah system pesan instan populer yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling bertukar pesan. http://www.icq.com
IFrame (inline frame)
Floating frame yang dipasang di dalam halaman web.
IM (Instant Messaging)
Sistem yang memperbolehkan para pengguna internet untuk bertukar pesan secara elektronik (melalui internet, ponsel, WebTV, PDAs, dan lain-lain.).
Incoming link
Link yang datang ke situs kita dari situs lain.
Inktomi
Search engine yang digunakan untuk memberikan hasil-hasil pencarian sejumlah search engine terkenal. Alat ini sekarang hanya dimiliki oleh Yahoo.
Internet
Sistem komputer global yang dihubungkan secara bersamaan untuk saling berkomunikasi.
Internet Service Provider (ISP)
Perusahaan yang kita panggil dari komputer kita untuk mendapatkan akses ke internet.
IP Address
Nomor unik yang terdiri dari 4 bagian yang dipisahkan oleh titik, contoh 165.115.245.2. Setiap mesin di internet memiliki IP address yang unik.
Inventory
Jumlah keseluruhan dari ad impressions dimana sebuah website atau newsletter siap untuk menjualnya dalam kurun waktu tertentu.
IRC (Internet Relay Chat)
Sistem yang memungkinkan para pengguna internet untuk chatting satu sama lain saat itu juga.
J
Java
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi lengkap atau modul aplikasi sederhana atau applets sebagai bagian dari sebuah halaman web.
Javascript
Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems, dirancang untuk menulis program yang dapat di-download ke komputer kita melalui internet dan dapat segera dijalankan tanpa rasa takut karena virus atau bahaya-bahaya lainnya. Program ini memerlukan sebuah browser yang sesuai dengan Java. Dengan menggunakan program Java yang sederhana saja, halaman web kita dapat memasukan animasi, kalkulator, dan tampilan lainnya.
Joint Venture
Kerjasama umum yang secara khusus dirancang untuk menjalankan sebuah transaksi bisnis khusus atau sebuah proyek.
K
K/KB (kilobyte)
Ukuran memori komputer. Satu kilobyte sama dengan 1.024 bytes.
Kbps ( kilobits per second)
Dalam data komunikasi, kilobits per second (thousands of bits per second) merupakan ukuran seberapa cepat data dapat ditransfer dalam jaringan, seperti koneksi internet.
Keyword
Suatu kata yang digunakan sebagai referensi dalam menemukan kata-kata lain atau suatu informasi.
Keyword density
Rasio atau hasil perbandingan antara kata kunci (keyword) yang dicari dan jumlah total kata yang muncul dalam satu halaman web. Jika keyword kita hanya muncul, misalkan, sekali, dalam sebuah halaman halaman yang memiliki 2.000 kata, maka kepadatannya (density) adalah 0,005 persen.
Keyword frequency
Intensitas (berapa kali) munculnya frasa keyword yang terdapat dalam satu halaman.
Keyword proximity
Kemiripan antara dua atau lebih keyword.
Keyword stuffing
Pengulangan keyword dan frasa keyword dalam meta tag dan tempat lain dalam halaman HTML.
Kilo-
Awalan yang menyatakan ukuran satu ribu ( 1.000 )
Kilobit
Dalam data komunikasi, kilobit digunakan untuk menyatakan ukuran satu ribu(1.000) bits
L
Lifetime value of a customer
Jumlah nilai penjualan dalam dollar bisa diperkirakan, yakni jumlah pengeluaran pelanggan untuk pembelian produk/jasa affiliate kita yang diharapkan.
Link/ hyperlink
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau internet. Misalnya www.AsianBrain.com
Link checker
Program software atau jasa online yang digunakan untuk memeriksa kerusakan link dalam sebuah situs.
Link popularity
Ukuran kepopuleran suatu situs yang dinyatakan dalam jumlah dan kualitas hubungan links ke dalam sebuah situs.
Link text
Suatu teks yang langsung terhubung ke suatu link.
Long domain name
Nama domain yang mengandung lebih dari 26 karakter. Batasnya sampai 67 karakter , termasuk extension(.com, .net, etc.) yang disediakan.
Long file
Rekaman semua permintaan untuk file individual yang diminta dari suatu website.
Login
Proses untuk masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama/username dan password.
M
Mailing List
Daftar orang yang menerima email secara rutin dalam topik dan periode tertentu atau bisa disebut juga sebagai forum diskusi melalui email.
MB (Megabyte)
Ukuran memori komputer. Satu megabyte sama dengan 1.048.576 bytes, atau 8.388.608 bits.
Mbps (megabits per second)
Suatu ukuran untuk mengetahui berapa cepat data bisa tersebar dalam sebuah transmisi yang digunakan, dalam hal ini adalah koneksi Internet.
m-commerce/mcommerce(mobile commerce)
Transaksi bisnis yang dilakukan lewat mobile phone seperti teknologi WAP.
Media Kit
File yang berisi informasi mengenai penjelasan bisnis atau produk.
Media Planner
Orang yang mengatur perencanaan kampanye iklan (ad campaigns).
Mega
Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000).
Megabit
Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000) bits.
Merchant
Tempat pemasaran dan penjualan barang atau jasa di Internet.
Merchant Acccount
Rekening bank komersial yang dibuat berdasarkan perjanjian yang telah disepakati oleh pihak pengelola bisnis dan pihak bank. Merchant account ini, memungkinkan pihak pengelola bisnis menerima pembayaran dari pelanggannya melalui kartu kredit. Untuk lebih simple-nya merchant account ini sama seperti 'tabungan' atau nomor rekening di bank.
Merchant Agreement
Perjanjian yang harus disepakati antara Merchant dengan Provider Merchant Acccount.
Meta Refresh
Sebuah kode yang dibuat dalam sebuah halaman website sehingga pengunjung website bisa secara otomatis berpindah ke halaman yang baru.
Meta Tags
HTML tags dalam sebuah halaman web yang mendeskripsikan beberapa aspek content dari halaman web tersebut. Dalam ilmu komputer, awalan "meta" berarti mengenai atau mendeskripsikan. Misalnya "meta data" berarti data yang mendeskripsikan data lain atau data mengenai data lain.
Meta Tag Generator
Sebuah software atau pelayanan online yang menyediakan meta tags berdasarkan informasi yang telah dimasukan.
Mini Site
Website yang terdiri dari 1 atau 2 halaman yang hanya fokus pada satu tema, atau satu produk barang/jasa.
Mirror Site
Situs asli yang di-copy ke komputer server yang lain dengan tujuan untuk mengurangi traffic jaringan dan biasanya harus selalu di-update secara rutin untuk memastikan bahwa isi website copy ini sesuai dengan website aslinya.
Moderator
Seseorang yang memimpin sebuah forum diskusi online.
MOTO (Mail Order/Telephone Order)
Suatu transaksi pembayaran tanpa sebuah kartu, transaksi ini dilakukan melalui telepon atau email secara online di website.
MPEG (Moving Picture Experts Group)
Jenis format file yang biasa digunakan untuk file video dalam sebuah website. Penulisan file ini biasanya berakhiran dengan ".mpg" atau ".mpeg".
Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME)
Memfasilitasi email supaya bisa menyimpan data selain teks, seperti fileAudio dan Video.
Multi-Level Marketing (MLM)
Penjualan suatu produk berupa barang/jasa melalui sebuah grup distributor independen yang menjual secara borongan atau eceran dan mensponsori orang lain untuk melakukan hal yang sama.
MySQL
Sistem manajemen database gratisan yang menggunakan SQL ( Structured Query Language) sebagai bahasa yang umum digunakan untuk menambah, mengakses dan memproses data dalam sebuah database.
N
Netiquette
Kependekan dari "Internet Etiquette". Etiket dalam diterapkan dalam internet atau email yang antara lain meliputi aturan dalam mengirimkan email.
Network
Kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain.
News server
Komputer yang bertugas menerima, menyimpan dan menyediakan informasi untuk pengguna newsgroup dalam bentuk pesan.
Newsgroup
Diskusi mengenai topik tertentu yang dilakukan secara online. Diskusi ini biasa dilakukan lewat email, supaya setiap orang yang bergabung dengan newsgroup ini bisa
ikut mengirimkan email dan baca hasil kiriman tersebut.
News reader
Sebuah program yang memungkinkan orang untuk membaca dan merespon pesan yang dikirimkan ke pengguna newsgroups.
Newsletter/ezine
Newsletter atau ezine (electonic magazine) adalah majalah elektonik berisi kumpulan informasi yang didistribusikan melalui email atau dipublikasikan melalui sebuah website.
Newbie
Pengguna internet pemula.
O
Offline
Tidak terhubung ke jaringan internet.
Online
Terhubung ke jaringan internet.
Open Directory Project / Dmoz
Kumpulan situs (dengan berbagai macam topic) terbesar di Internet.
Opt-in email
Email yang diminta oleh pengunjung yang terlebih dulu dengan melakukan subscribe ke sebuah website atau melalui email.
Opt out email
Sama halnya seperti opt-in email, namun pengunjung lebih memilih untuk tidak bergabung ke mailing list sebuah website.
OS (Operating System)
Sebuah program yang menyediakan fungsi dasar dari komputer. Contohnya, sistem operasi dari Windows, MacOS dan Linux
Outgoing link
Link di website kita yang menuju ke website yang lain.
Overture
Suatu search engine yang sebelumnya dikenal sebagai GoTo.com, yang bisa memproses lebih banyak pay per click dibanding search engine lain yang sejenis.
P
Page jacking/ Pagejacking
Pencurian content asli dari suatu situs untuk dipublikasikan kembali pada situs lain.
Page view/ impression
Banyaknya jumlah halaman web yang dikunjungi
Pay Per Click advertising
Jenis iklan dimana pemasang iklan membayar untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung suatu website.
PDF (Portable Document Format)
Format file yang mencakup semua jenis dokumen yang bisa dicetak, seperti sebuah gambar elektronik yang dapat kita lihat, edit, cetak dan kirim. Untuk menampilkan file FDF, kita membutuhkan Acrobat Reader. Setelah kita men-download, program tersebut akan berjalan otomatis pada saat kita membuka file PDF.
Perl (Practical Extraction and Reporting Languages)
Bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk mengembangkan program CGI (Common Gateway Program)
Ping (Packet Internet or Inter-Network Groper)
Program internet dasar yang memungkinkan kita untuk memeriksa keberadaan alamat IP khusus yang ada dan dapat menerima perintah.
Pixel
Sebuah titik cahaya pada monitor komputer.
Plug in
Bagian kecil dari suatu software yang menambahkan fitur-fitur ke bagian yang lebih besar dari software tersebut.
Pop-over
Sebuah jendela browser baru yang muncul di atas jendela browser yang sedang ditampilkan -kebalikan dari yang muncul di bawah- yang menampilkan halaman web
lain atau iklan.
Pop-under
Sebuah jendela browser baru yang muncul di bawah jendela browser yang sedang ditampilkan, untuk menampilkan halaman web lain atau iklan.
Pop-up
Jendela browser baru yang muncul didepan jendela browser yang sedang ditampilkan.
Portal
Website yang didesain sebagai titik awal seseorang menjelajah internet. Umumnya portal-portal seperti Yahoo.com, Netscape.com menawarkan segalanya, kecuali portal-portal khusus seperti CNBC.com untuk para investor dan women.com yang hanya melayani pengguna yang mempunyai minat tertentu saja.
Posting
Pesan yang masuk ke dalam newsgroup atau panel pesan (messageboard).
PPA (Pay-Per-Action)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk tindakan tertentu yang dihasilkan oleh affiliate.
PPC (Pay-Per-Click)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang melalui situs affiliate.
PPL (Pay-Per-Lead)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap prospek yang dihasilkan oleh affiliate.
PPS (Pay-Per-Sale)
Komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh affiliate.
Privacy policy
Sebuah pernyataan resmi mengenai sebuah website berupa: Jenis informasi, pribadi yang dikumpulkan, Bagaimana informasi tersebut digunakan, Bagaimana seseorang dapat mengakses datanya sendiri, Bagaimana seseorang dapat memilih untuk tidak melakukan sesuatu, Jenis tindakan pengamanan yang ditempatkan untuk melindungi informasi penggguna selama proses penggumpulan data maupun pengambilan data. Juga dapat berarti kebijakan yang menentukan bagaimana sebuah perusahaan mengumpulkan dan menggunakan informasi mengenai transaksi dan rekening pelanggannya.
Privacy seal program
Program yang menjamin pemilik website menuruti kebijakan privasi yang dianjurkan bagi website-nya.Contoh :
Proxy server
Tempat penyimpanan web content untuk memberikan akses yang lebih cepat bagi para pengguna, pada saat permintaan baru dibuat untuk content yang sama.
Q
Query
Meminta informasi, biasanya melalui search engine.
QuickTime
Format file multimedia dan video berupa kombinasi suara, tulisan, animasi dan video dalam satu file. Format ini dikeluarkan oleh Apple Computer.
R
Rate card
Informasi harga dari berbagai pilihan iklan.
Reciprocal link
Pertukaran link secara langsung menuju dan dari suatu situs.
Rectangle ad
Tujuh format unit iklan marketing interaktif baru yang diperkenalkan oleh Biro Periklanan Interaktif (Interactive Advertising Bureau) yang didesain untuk memudahkan para marketer agar semakin interaktif dan kreatif.
Referrer
URL atau alamat situs asal dari pengunjung.
Referring URL
Pengunjung yang datang ke situs Kita.
Repeat visitor
Pengunjung unik yang mengakses sebuah situs lebih dari satu kali melebihi periode tertentu.
Residual earnings
Penghasilan per bulan yang diperoleh dari komisi penjualan sebuah program affiliate.
Return on Advertising Spend (ROAS)
Seberapa besar pendapatan yang dihasilkan per bulannya melalui sebuah metode periklanan.
Rich media ad
Iklan di internet yang berisi elemen-elemen interaktif seperti video, suara, musik, lembar permintaan (request form), dan permainan.
Robots.txt file
Robots.txt file mengijinkan kita untuk memerintahkan robot-robot search engine untuk tidak mengindeks halaman, direktori dan files tertentu pada server.
RON (Run of Network)
Iklan-iklan yang dijalankan pada beberapa atau semua ruang iklan yang melalui jaringan situs-situs.
ROS (Run of Site)
Iklan-iklan yang dijalankan pada beberapa atau seluruh ruang iklan yang melalui sebuah situs.
S
Screensaver
Program atau gambar bergerak yang diaktifkan pada suatu komputer yang akan muncul pada saat komputer tersebut tidak sedang digunakan setelah beberapa waktu tertentu.
Scumware
Software yang berisi 'fitur' tambahan untuk menampilkan iklan. Software ini akan memodifikasi halaman web dari content asli untuk memasang iklan pada layar komputer pengguna. Contoh-contoh scumware: Gator, Ezula, Surf+ dan Imes.
Search engine
Satu set program-program yang meliputi antara lain :
Spider (bot atau robot, perayap) yang mencari dokumen-dokumen website yang ingin dimunculkan dan mengikuti hypertext links untuk memunculkan kembali dokumen web lainnya
Program yang menciptakan sebuah indeks dari dokumen-dokumen yang ditampilkan kembali oleh spider.
Program yang menerima perintah pencarian, membandingkannya dengan kata-kata kunci yang terdapat pada indeks dan memberikan hasilnya kepada Kita.
Search engine optimization/ positioning/ placement
Search engine optimization memfokuskan posisi dan penempatan situs pada search engine, yang merupakan sebuah konsep lain untuk meningkatkan desain sebuah situs
dan content untuk memperoleh peringkat yang lebih tinggi pada search engine.
Search engine submissions/ registration
Search engine submissions memfokuskan agar situs kita diindeks oleh search engine dan web directory, sehingga orang dapat menemukan situs Kita.
Search item/ phrase
Kata atau frasa yang dimasukan oleh mesin pencari pada search engine dan form pada web directory search.
Search term suggestion tool
Alat yang menampilkan seberapa banyak kata kunci yang dicari selama masa penawaran yang diberikan selama satu bulan.
Secure server
Web server yang menggunakan teknologi encryption (mengubah format plain text menjadi kode-kode) untuk mencegah pengguna yang tidak mempunyai hak memperoleh dan membaca pesan yang penting yang dikirim melalui internet.
Server
Komputer program yang menyediakan layanan-layanan untuk program komputer lain pada komputer yang sama atau komputer yang lain. Contohnya, koneksi email, FTP, Usenet dan HTTP.
Server logs
Informasi yang dicatat pada server log, pada waktu seorang pengguna mengakses sebuah website. Server log berisi informasi mengenai halaman apa, di mana diaksesnya yang berhubungan dengan waktu dan tanggal serta alamat IP komputer kita. Data statistik lainnya juga bisa dilacak termasuk username, jenis browser, halaman yang pernah dibuka dan sebagainya.
Session cookie
Cookie sementara yang disimpan pada RAM komputer untuk penggunaan selama sesi pengguna. Ketika pengguna keluar, cookie tersebut dibuang.
Shareware
Software yang diberikan secara gratis dalam bentuk uji coba (trial) yang diasumsikan bahwa banyak yang membutuhkan atau mau membelinya di kemudian hari. Biasanya program shareware penggalan dari sebuah program yang dimaksudkan agar si pengguna tertarik untuk membeli versi yang lengkap.
Shockwave
Program yang dikeluarkan oleh Macromedia yang bertujuan untuk menampilkan media yang interaktif pada suatu website.
Shopping cart
Katalog online interaktif yang dapat ditampilkan, ditambah atau dihilangkan ke dan dari 'keranjang' (cart) tersebut.
Site map
Sebuah model visual dari sebuah content website yang memungkinkan pengguna menemukan informasi yang dicarinya dalam suatu website. Biasanya, peta situs disusun secara hierarkis, mengelompokan informasi website tersebut pada area subyek yang spesifik secara bertingkat.
SIG (Signature File or Sig Line)
Tanda tangan kita pada bagian akhir sebuah email atau Usenet. Umumnya berisi alamat email kita dan informasi kontak lainnya, informasi yang singkat mengenai bisnis kita, mungkin juga sebuah kutipan favorit kita, bahkan kalimat yang lucu.
Site search
Pencarian suatu website tertentu.
Skyscraper ad
Iklan-iklan banner online yang memanjang ke bawah yang biasanya ditampilkan pada sisi kanan atau kiri halaman web.
Slurp
Sebuah nama robot dari spider search engine inktomi.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Sebuah metode yang digunakan pada komputer untuk mengirim dan menerima email.
Splash page
Halaman pertama yang biasanya berupa home page dari sebuah website yang berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat, juga sebagai promosi atau penuntun menuju halaman web berikutnya.
Spyware
Disebut juga adware, sebuah program tersembunyi dalam software yang bebas di-download, untuk mengirimkan informasi pengguna melalui internet kepada pengiklan.
Sponsored feature listings
Iklan link berupa teks yang umumnya ditampilkan pada bagian atas halaman sebuah search engine, sebelum proses pencarian dimulai.
SQL (Structured Query Languages)
Bahasa pemrograman untuk mengambil dan memperbaharui informasi ke dan dari suatu database.
SSL (Secure Sockets Layer)
Sebuah protocol yang digunakan untuk mengatur keamanan pengiriman dokumen pribadi atau rahasia melalui internet. SSL menggunakan sistem cryptographyc yang menggunakan dua 'kunci' untuk meng-encryp data (proses pengubahan teks menjadi sebuah kode) satu kunci umum yang diketahui banyak orang dan satu lagi adalah kunci rahasia yang hanya diketahui oleh penerima pesan-. Banyak website menggunakan protocol tersebut untuk mendapatkan informasi rahasia pengguna, seperti
nomor kartu kredit. Sesuai aturannya, URL yang menggunakan koneksi SSL, dimulai dengan "https" (bukannya "http").
Surf
Istilah lain untuk browsing di internet.
T
Target audience
Sebuah kelompok yang menjadi target pengiklan yang biasanya berdasarkan demografi, minat, pola pembelian produk, pemakaian produk atau pemakaian media
Target marketing
Proses membedakan kelompok-kelompok yang berbeda yang akan menciptakan pasar, dan pengembangan produk-produk yang tepat dan gabungan pemasaran untuk setiap target pasar yang terlibat.
Targeting
Pembelian ruang iklan yang sesuai dengan keperluan sasaran audiens dan kampanye.
TCP/IP (transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Bahasa pemrograman dasar (basic) atau protocol internet.
Text ad
Iklan yang menggunakan link yang berbasis teks.
Third party credit card processing
Sebuah perusahaan yang menerima permintaan kartu kredit atas nama perusahaan lain, sehingga tidak perlu menggunakan rekening merchant.
Thread
Rangkaian surat-surat balasan pada suatu surat pertama yang dikirimkan pada Usenet newsgroup dan forum-forum sejenis
Thumbnail
Istilah yang digunakan para desainer grafis dan fotografer untuk gambar kecil yang mewakili gambar yang lebih besar.
Timeout
Tindakan yang terjadi setelah beberapa waktu tertentu. Sebagai contoh, koneksi dial-up kita mungkin berakhir disconnecting seandainya tidak digunakan selama beberapa waktu.
Title tag
HTML tag yang digunakan untuk menjelaskan nama sebuah halaman yang ditampilkan pada bagian atas web browser dan juga digunakan oleh kebanyakan search engine sebagai sebuah nama dari daftar hasil pencarian
Tracking method
Cara yang digunakan oleh affiliate program untuk melacak hal yang berkenaan dengan penjualan, prospek atau banyaknya klik.
Tracking URL
Website URL, dengan kode khusus kita menempel pada website tersebut, contoh: http//:www.SitusKita.com/?myID. Sehingga pengunjung yang telah datang dilacak kembali melalui kode khusus atau ID Kita.
Trick banner
Sebuah iklan banner yang digunakan untuk mengecoh seseorang agar mengklik banner tersebut, di mana tampilannya tampak seperti sebuah link, tombol atau suatu pesan operasi sistem yang error.
Two tier affiliate program
Program affiliate yang membayar komisi affiliate sebanyak 2 level.
U
Unique User
Pengunjung unik yang datang ke website Kita. Kemungkinan hal ini menjadi indikator yang paling baik untuk mengetahui traffic situs kita.
Upload
memindahkan sebuah file dari komputer Kita ke komputer lain (internet).
Uptime
Waktu dimana sebuah website dapat diakses/online.
Uniform Resource Locator (URL)
Alamat dari sebuah situs di World Wide Web. Contoh URL: http://www.inspeksisanitasi.blogspot.com. Kepanjangan dari http adalah "hypertext transfer protocol"; ":// " adalah tanda permulaan sebuah address.
URL Direction
Suatu proses mengalihkan pengguna ke URL yang berbeda secara otomatis, tanpa campur tangan dari pengguna.
Usability
Layanan produk yang disediakan untuk kemudahan pengguna dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu.
Usenet newsgroups
Kumpulan dari pesan-pesan yang disampaikan pengguna dan perbincangan-perbincangan di sejumlah search engine berbeda yang dikirimkan ke server-server di jaringan global.
V
Virtual domain
Domain yang ada di virtual server.
Virtual Hosting
Persediaan untuk layanan web server hosting sehingga setiap individu atau perusahaan tidak perlu membeli atau tetap memakai web server yang dimilikinya dan connect dengan internet.
Virtual server
Server yang berada di lokasi orang lain yang dibagi dengan sejumlah pemilik website sehingga setiap pemilik website dapat menggunakan dan mengelolanya karena mereka memiliki kuasa penuh atas server tersebut.
Virus
Satuan dari kode pemrograman yang bertujuan untuk merusak sistem-sistem computer dan biasanya disebarkan melalui email ke komputer lainnya. Kita bisa memproteksi komputer kita dari virus-virus dengan memindai (scanning) semua email attachments dan men-download software dengan menggunakan software anti virus.
W
WAV (Wave File)
Audio file format terkenal dan telah menjadi ukuran standar untuk PC audio file format yang bersifat multifungsi, mulai dari sistem dan game sounds sampai ke kualitas audio CD.
Web browser
Program untuk melihat halaman web di World Wide Web. Browsers terkenal di antaranya adalah Microsoft Internet Explorer dan Firefox.
http://www.microsoft.com/window/ie/
http://firefox.com
Web design
Proses pembuatan sebuah website.

Senin, 09 November 2009

Mencari Uang di Internet Marketing

smile_winkApa Itu Affiliate Marketing? Prospektifkah ?
Bagi rekan Sanitarian pasti pernah mendengar, bahwa bisnis internet sudah sekian lama mengalami booming. Jika kita coba cari di google maka internet marketing merupakan topik yang paling banyak dicari di Indonesia. Salah satu jenis bisnis melalui internet tersebut adalah suatu jenis program yang dikenal dengan istilah affiliate marketing.
Pada dasarnya Affiliate marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet.  Sebetulnya pronsip model bisnis ini merupakan sudah ada sejak jaman dahulu,  yaitu dengan prinsip hanya membayar jasa seseorang jika mereka berhasil menjual. Berdasarkan banyak studi Affiliate marketing termasuk sebuah bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya. Dalam affiliate marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant.
Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sedangkan orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.
Kalau kita mendaftarkan diri pada 'affiliate program' milik affiliate merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka.Kata lain bagi affiliate program adalah 'associate programs', 'bounty programs', 'referrer programs', 'partner programs' atau 'revenue sharing programs'. Istilah-istilah tersebut pada dasarnya mempunyai arti sama.
Jika Anda pernah bekerja untuk seseorang atau perusahaan dan mendapatkan komisi? Affiliate marketing adalah model bisnis semacam itu. Anda pernah juga diberi uang jasa karena berhasil mendapatkan orang yang bersedia melakukan transaksi bisnis dengan seseorang? Kalau di dunia nyata biasanya hal ini kita kenal dengan istilah 'calo', 'perantara' atau 'broker'. Contoh lainnya, ada mobil yang akan dijual, kita bantu mencari orang yang ingin membeli mobil tersebut. Kalau kita berhasil mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut, kita biasanya diberi komisi atas jasa kita mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut. Affiliate marketing kurang lebih juga serupa dengan bisnis demikian.
Pertanyaannya kemudian, bagaimana Cara kerja sebuah Affiliate Marketing?
Dalam bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui 'link khusus' atau dikenal dengan istilah 'affiliate link'. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Sedangkan cara kerja affiliate link adalah sebagai berikut:
Misalnya ketika anda mendapatkan sebuah produk online pada sebuah situs, yang menawarkan program affiliate. kemudian anda tertarik untuk menjualnya. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan. Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi Anda, alamat lengkap, Anda penerima 'cek' (untuk komisi), email, nomor telepon, dan lain-lain.
Kita juga akan diminta untuk membaca 'affiliate agreement'. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).
Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka. Setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah 'affiliate link' untuk kita. Tugas anda selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Misalnya saja dengan cara menempatkan link itu di web site kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan 'mengklik' dan MEMBELI produk/jasa yang kita pasarkan tersebut.
Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia affiliate marketing. Affiliate merchant melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membelinya lewat link kita. Sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan affiliate link yang mereka berikan. Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan 'affiliate ID' kita, yang berfungsi mengidentifikasi KITA sebagai satu- satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi!
Terdapat beberapa macam model penghasilan uang melalui affiliate marketing ini, antara lain :
Pay-Per-Sale Affiliate Program : Melalui model jenis ini, anda memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita. Contoh barang atau jasa yang biasa dipasarkan dengan cara 'pay-per-sale' adalah penjualan e-book dan software.
Besar komisi pay-per-sale ini bervariasi. Mulai dari hanya beberapa persen saja sampai 60% bahkan juga ada yang lebih. Saya sendiri lebih suka menjual e-book atau biasa disebut sebagai 'information product'.
Pay-Per-Click Affiliate Program : Program Pay-Per-Click Affiliate mempunyai system kerja dengan cara, anda akan mendapatkan bayaran pada saat sebuah "link iklan" di situs kita, diklik oleh pengunjung kita. Siapa yang membayar? Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang bersedia MEMBAYAR bila link iklan mereka "diklik" oleh pengunjung kita. Yang perlu kita lakukan adalah menyisakan ruang iklan di situs kita untuk program tersebut. Dari setiap klik pada iklan tersebut, kita akan mendapatkan sedikit uang. Program pay-per-click yang populer saat ini adalah Google's Adsense. Iklan google ini sangat mudah dikenali dengan adanya sebuah tulisan dengan judul "Ads By Google". Setiap kali orang mengklik iklan tersebut, pemilik situs akan menerima pembayaran.
Recurring Affiliate Program : Model program recurring ini, affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala. Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Seperti web hosting, auto-responder dan keanggotaan website lainnya. Anda hanya menjual jasa berlangganan ini satu kali,  namun komisi yang anda terima bisa selamanya, sepanjang pelanggan membayar biaya bulanan mereka!
Recurring program seperti ini sangat baik karena memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tetap yang bisa kita dapatkan setiap bulan.
Pay Per Lead Affiliate Program : Pay-per-lead adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui affiliate link kita. Dalam program ini, affiliate merchant yang memutuskan apakah leads yang kita bawa memenuhi kualifikasi atau tidak. Mereka biasa memutuskannya dari 'informasi kontak prospek' yang mereka dapatkan dari kita.
Pay-Per-Search Affiliate Program : Program pay-per-search ini hampir mirip dengan pay-per-click. Hanya saja yang berbeda adalah modelnya. Lewat program pay-per-search ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui "search box" khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka mengklik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.
Hybrid Programs :  Ada banyak affiliate merchant yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda.Contoh: Mereka biasanya menawarkan komisi 10 sen setiap kali ada orang yang HANYA mengklik banner dan kemudian komisi 15% bila terjadi penjualan. Ada juga merchant yang menawarkan macam-macam bonus kalau kita mencapai angka penjualan tertentu.

Sabtu, 07 November 2009

Artikel Radang Tenggorokan

Beberapa dari kita tentu pernah mengalami nyeri tenggorokan yang super hebat sehingga menelan sesuap nasi rasanya susah banget. Nyeri seperti ini tentu sangat sangat menjengkelkan, apalagi di depan kita tersedia makanan kesukaan kita yang lezat dan harum. Alangkah tersiksa rasanya, beberapa obat telah dicoba tetapi tidak juga mempan, begitu pula dengan obat obatan tradisional dari nenek tercinta.

Flu babi (swine flu)

Flu babi (swine flu) merupakan penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. penyakit ini sebenarnya jamak menyerang ternak babi, namun kini telah mengalami perubahan yang drastis dan mampu untuk menginfeksi manusia. Gejala yang timbul pada manusia pun mirip dengan apa yang terjadi pada babi. Flu babi pertama kali diisolasi dari seekor babi yang terinfeksi pada tahun 1930 di

Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah

penyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (penyakit darah tinggi) bahwa nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.Namun

Kamis, 05 November 2009

Data Geofisik-Kimia pada AMDAL

Pengumpulan Data Geofisik-Kimia pada Pelaksanaan Studi AMDAL
Pada study AMDAL, pengumpulan dan analisis data terhadap parameter-parameter dari berbagai komponen lingkungan dilakukan untuk :
  1. Menelaah, mengamati, dan mengukur rona lingkungan awal yang diprakirakan akan terkena dampak besar dan penting dari kegiatan pembangunan/Industri .
  2. Menelaah, mengamati, dan mengukur komponen rencana kegiatan yang diprakirakan akan terkena dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.
Komponen lingkungan dan parameter yang akan diukur/diamati, serta metode pengumpulan dan analisis data adalah sebagai berikut :
Komponen Geofisik-Kimia
Komponen lingkungan yang ditelaah adalah : Angin (arah dan kecepatan), - Curah Hujan, Kualitas udara ambien, serta Kebisingan.
Metode Pengumpulan Data
Penentuan titik/lokasi pengambilan sampel didasarkan atas data sekunder arah dan kecepatan angin yang dihubungkan dengan tapak rencana kegiatan baik rencana lokasi penambangan, jalur pengangkutan, penimbunan dan pengapalan. Data kualitas udara dan kebisingan merupakan data primer yang akan dikumpulkan langsung di lapangan, sedangkan data iklim merupakan data sekunder selama 5 tahun terakhir (time series), akan dikumpulkan dari stasiun meteorologi terdekat.

ErosiParameter yang akan dikumpulkan untuk kualitas udara ambien, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, terutama yang akan terkena dampak. Parameter tersebut meliputi SO2, CO, NO2, Pb, PM10, dan TSP. Lokasi pengumpulan data akan berada dalam wilayah studi seperti tercantum pada gambar Rencana Lokasi Pengambilan Sampel.

Parameter yang akan dikumpulkan untuk kebisingan, diukur secara langsung di lapangan dengan menggunakan sound level meter dibandingkan dengan Kep. Men.LH No.48 tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Lokasi pengumpulan data sama dengan lokasi pengumpulan data udara ambien.
Metode Analisis Data

  • Analisis data kualitas udara rona lingkungan awal akan dilakukan dengan membandingkan dengan Kep. Men.LH No. 45 tahun 1997 tentang Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dan KepKa Bapedal 107/1997. Metode ini akan membagi kualitas udara menjadi 5 skala kualitas lingkungan udara ambien.
  • Analisis data kebisingan rona lingkungan awal akan dilakukan dengan mengacu pada Kep. Men. LH No. 48 tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Metode ini akan mendapatkan Leq (tingkat kebisingan sinambung setara), LTM5 (Leq dengan selang waktu 5 detik), Ls (Leq selama siang hari), Lm (Leq selama malam hari), Lsm (Leq selama siang dan malam)

Fisiografi/ Geomorfologi
Metode Pengumpulan Data : Pengumpulan data komponen fisiografi dan geologi perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi fisiografi dan geologi tapak proyek dan sekitarnya, sehingga dampak yang akan ditimbulkan oleh rencana penambangan dapat diprakirakan. Topografi dan bentang lahan diobservasi dari foto udara dan pengamatan langsung ke lapangan.
Metoda Analisis Data : Analisis tiap parameter dilakukan dengan metode profesional judgement. Analisis data geologi dari suatu rencana kegiatan didapat dari data sekunder.

Hidrologi
Metoda Pengumpulan Data : Lingkup studi komponen lingkungan hidrologi meliputi komponen-komponen sebagai berikut :
Air Permukaan, diukur menggunakan air limpasan (surface run off), dengan menilai kualitas air sungai (fisik, kimia, dan mikrobiologi). Sedangkan parameter lain adalah Air Tanah, dengan mengukur kuantitas air tanah (sumur penduduk & mata air). Selain parameter tersebut juga digunakan parameter Erosi dan Sedimentasi.
Metoda Analisis Data : Parameter yang telah diukur/ diamati kemudian dianalisis dengan metode Persamaan matematik dari metoda studi hidrologi menggunakan rumus USLE (Erosi) dan rumus Rational Method (run-off).

Rabu, 04 November 2009

Dasar Pelaksanaan AMDAL

AMDAL Latar Belakang, Tujuan, Kegunaan, dan Dasar Pelaksanaannya.
Kebijaksanaan nasional pengelolaan lingkungan hidup menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah, pengelolaan lingkungan hidup diselenggarakan atas tanggungjawab negara, asas pembangunan berkelanjutan, dan asas manfaat untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, yaitu terciptanya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara manusia dengan lingkungan, antara manusia dengan Tuhan yang Maha Esa, manusia dengan manusia; terjaminnya kepentingan generasi saat ini dan akan datang; tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup serta terkendalinya pemanfaatan sumberdaya secara bijaksana.

Berdasarkan kebijaksanaan tersebut, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), merupakan salah satu instrumen kebijaksanaan pengelolaan lingkungan. Pelaksanaan AMDAL terhadap sesuatu rencana usaha atau kegiatan dimaksudkan untuk mengetahui dampak besar dan penting, dan menetapkan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL).

Sesuai UU No. 23 tahun 1997 tersebut, dinyatakan bahwa kegiatan yang diprakirakan dapat menimbulkan suatu dampak besar dan penting pada lingkungan dan sekitarnya diwajibkan melakukan studi tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Peraturan pelaksanaa dari Undang-Undang ini dituangkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 27 Tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

Tujuan dilaksanakannya Studi ANDAL
  1. Mengidentifikasikan rencana usaha dan/atau kegiatan yang akan dilakukan terutama yang berpotensi menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.
  2. Mengidentifikasikan komponen-komponen lingkungan hidup yang akan terkena dampak besar dan penting
  3. Memprakirakan dan mengevaluasi rencana usahan dan atau kegiatan yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.
  4. Merumuskan RKL dan RPL.
Kegunaan dilaksanakannya Studi ANDAL
Bagi Pemerintah :
  1. Membantu pemerintah dalam proses pengambilan keputusan, perencanaan dan pengelolaan lingkungan dalam hal pengendalian dampak negatif dan mengembangkan dampak positif yang meliputi aspek biofisik, sosial ekonomi, budaya dan Kesehatan masyarakat.
  2. Mengintegrasikan pertimbangan lingkungan dalam tahap perencanaan rinci pada suatu kegiatan Pembangunan.
  3. Sebagai pedoman dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan pada suatu kegiatan Pembangunan.
AMDALBagi Pemrakarsa :
  1. Mengetahui permasalahan lingkungan yang mungkin timbul di masa yang akan datang dan cara-cara pencegahan serta penanggulangan sebagai akibat adanya kegiatan suatu pembangunan.
  2. Sebagai pedoman untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan
  3. Sebagai bahan penguji secara komprehensif dari kegiatan pengelolaan dan pemantauan lingkungan untuk kemudian mengetahui kekurangannya.

Bagi Masyarakat
  1. Mengurangi kekuatiran tentang perubahan yang akan terjadi atas rencana kegiatan suatu pembangunan.
  2. Memberikan informasi mengenai kegiatan Pembangunan Industri , sehingga dapat mempersiapkan dan menyesuaikan diri agar dapat terlibat dalam kegiatan tersebut.
  3. Memberi informasi tentang perubahan yang akan terjadi, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dampak positif dan menghindarkan dampak negatif.
  4. Sebagai bahan pertimbangan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan lingkungan.
Pada pelaksanaan studi AMDAL terdapat beberapa komponen dan parameter lingkungan yang harus dijadikan sebagai sasaran studi, antara lain :

  1. Komponen Geo-Fisik-Kimia antra lain : Iklim dan Kualitas Udara, Fisiografi, Geologi, Ruang, Lahan dan Tanah, Kualitas Air Permukaan,
  2. Komponen Biotis antara lain : Flora, Fauna, Biota Sungai, Biota Air Laut
  3. Komponen Sosial Ekonomi dan Budaya antara lain : Sosial Ekonomi , Sosial Budaya
  4. Komponen Kesehatan Masyarakat antara lain Sanitasi Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat
Peraturan Perundang-Undangan
Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan Studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) antara lain :
  1. Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1960 Tentang Pokok -pokok Agraria.
  2. Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistem (Lembaran Negara RI Tahun 1990 No. 49 Tahun 1990 Tambahan Lembaran Negara No 3419).
  3. Undang-Undang RI No. 4 Tahun 1992 Tentang Perumahan dan Permukiman
  4. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  5. Undang-Undang RI No. 24 Tahun 1992 Tentang Penataan Ruang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992 No. 115, Tambahan Lembaran Negara No 3501).
  6. Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1994 Tentang Pengesahan United Nations Conventation On Biological Diversity (Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Mengenai Keanekaragaman Hayati
  7. Undang-Undang RI No 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup (Lembaran Republik Indonesia Tahun 1997 No. 68 Tambahan Lembaran Negara No. 3699).
  8. Undang-Undang RI No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah
  9. Undang-Undang RI No. 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan
  10. Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 1982 Tentang Tata Pengaturan Air.
  11. Peraturan Pemerintah RI No. 28 Tahun 1985 Tentang Perlindungan Hutan.
  12. Peraturan Pemerintah RI No 35 Tahun 1991 Tentang Sungai.
  13. Peraturan Pemerintah RI No.69 Tahun 1996 Tentang Pelaksanaan Hak dan Kewajiban, serta Bentuk dan Tata Cara Peran serta Masyarakat dalam Penataan Ruang.
  14. Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah untuk Penggantian.
  15. Peraturan Pemerintah RI No. 27 Tahun 1999 Tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 No. 59 Tambahan Lembaran Negara No.3838).
  16. Peraturan Pemerintah RI No. 41 Tahun 1999 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara.
  17. Peraturan Pemerintah RI No. 20 Tahun 2001 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Pembangunan
  18. Peraturan Pemerintah RI No. 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.
  19. Keputusan Presiden RI No 32 Tahun 1990 Tentang Pengelolaan Kawasan Lindung.
  20. Keputusan Presiden RI No 75 Tahun 1990 Tentang Koordinasi Pengelolaan Tata Ruang Nasional.
  21. Keputusan Presiden RI No. 552 Tahun 1993 Tentang Pengadaan Tanah Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum.
  22. Keputusan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup No. 02/MENKLH/1988 tentang Pendoman Penetapan Baku Mutu Lingkungan
  23. Keputusan Menteri PU.No 45/PRT/1990 tentang Pengendalian Mutu Air pada Sumber-sumber Air.
  24. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-30/MENLH /7/1992 tentang Panduan Pelingkupan untuk Penyusunan Kerangka Acuan ANDAL.
  25. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 056/1994 tentang Pedoman Mengenai Ukuran Dampak Penting.
  26. Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 103.K/008/M.PE/1994 tentang Pengawasan atas Pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan dalam Bidang Pertambangan dan Energi.
  27. Keputusan Menteri PU. No 58/KPTS/1995 Petunjuk Tata Laksana AMDAL Bidang Pekerjaan Umum.
  28. Keputusan Menteri PU.No. 148/KPTS/1995 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan RKL dan RPL, Proyek Bidang Pekerjaan Umum.
  29. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-13/MENLH /3/1995 tentang Baku Mutu Emisi Sumber Tidak Bergerak.
  30. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-43/MENLH/ 10/1996 tentang Kriteria Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C Jenis Lepas di Daratan.
  31. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-48/MENLH/ 11/1996 tentang Baku Mutu Tingkat Kebisingan.
  32. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-49/MENLH/ 11/1996 tentang Baku Tingkat Getaran.
  33. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-50/MENLH /11/1996 tentang Baku Tingkat Kebauan.
  34. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-45/MENLH/10/1997 tentang Indeks Standar Pencemar Udara.
  35. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-03/MENLH /1/1998 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kawasan Industri.
  36. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 17 tahun 2001 tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib dilengkapi dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.
  37. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 37 Tahun 2003 tentang Metoda Analisis Kualitas Air Permukaan dan Pengambilan Contoh Air Permukaan.
  38. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 110 Tahun 2003 tentang Pedoman Penetapan Daya Tampung Beban Pencemaran Air pada Sumber Air.
  39. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 112 Tahun 2003 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.
  40. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 142 Tahun 2003 tentang Pedoman Mengenai Syarat dan Tata Cara Perizinan serta Pedoman Kajian Pembuangan Air Limbah ke Air atau Sumber Air.
  41. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-205/BAPEDAL/07/1996 tentang Pedoman Teknis Pengendalian Pencemaran Udara Sumber Tidak Bergerak.
  42. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-299/11/1996 tentang Pedoman Teknis Kajian Aspek Sosial dalam Penyusunan AMDAL.
  43. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-105 tahun 1997 tentang Panduan Pemantauan Pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL).
  44. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. 107/BAPEDAL/2/1997 tentang Perhitungan dan Pelaporan serta Informasi Indeks Standar Pencemar Udara.
  45. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. KEP-124/12/1997 tentang Panduan Kajian Aspek Kesehatan Masyarakat dalam Penyusunan AMDAL.
  46. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. 08 tahun 2000 tentang Keterlibatan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi dalam Proses AMDAL.
  47. Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. 09 tahun 2000 tentang Pedoman Penyusunan AMDAL.
  48. Peraturan Daerah terkait yang relevan lainnya dengan studi ini.
Peraturan peraturan tersebut tergantung / menyesuaikan juga pada jenis kegiatan yang dilaksanakan/direncanakan.

Minggu, 01 November 2009

Tips Bertanya untuk Fasilitator

Kemampuan Bertanya Menentukan Kualitas Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat
Kecenderngan saat ini berbagai program pembangunan sangat mementingkan pendekatan partisipatif, atau dalam terminologi lain menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Banyak teori dan teknik pemberdayaan masyarakat dipergunakan oleh banyak fasilitator yang berbeda, namun prinsip yang digunakan adalah menempatkan masyarakat sasaran sebagai subyek. Berdasarkan prinsip itu kemudian dikembangkan berbagai teknik dan metode dengan berbagai nama dan jenis pendekatan, salah satu diantaranya pendekatan Community Led Total Sanitation (CLTS) atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.
Pendekatan partisipatif dan teknik pemberdayaan masyarakat, dengan menempatkan sasaran sebagai subyek, maka yang sangat diperlukan fasilitator adalah kemampuan menggali potensi diri sasaran. Berbagai alat / tool dipergunakan untuk memancing keterlibatan sasaran dalam program. Namun yang terpenting dimiliki fasilitator adalah kemampuan bertanya (bukan kemampuan menjawab), sehingga sasaran dapat dipastikan ikut merasa terlibat. Berikut ini salah satu teknik bertanya yang sebaiknya diketahui fasilitator. (Thanks for Bli Oke atas artikel terkait).
Cara pandang Anda tidak akan membantu mereka!
Salah satu kesalahan terbesar seorang fasilitator adalah memaksakan gagasannya sendiri pada kelompok yang sedang mencari jalan keluar dari satu masalah. Ini sering terjadi karena si fasilitator mempunyai lebih banyak pengalaman dibandingkan dengan anggota kelompok dan mungkin sudah melihat situasi serupa ditempat lain dimasa lampau. Seorang fasilitator selalu menghadapi godaan untuk mendesak kelompok agar mengikuti cara pandang si fasilitator.
Fasilitator harus menyadari bahwa dalam banyak situasi kita bekerja dengan peserta-peserta yang sudah berpengalaman, dan karena itu kita harus mengesampingkan pandangan atau cara pandang kita sendiri dan tetap netral dalam membantu mereka.
Process Fasilitasi
Bagaimana pertanyaan-pertanyaan fasilitator dapat membantu kelompok menganalisis masalah mereka sendiri.
Kalau sebagai fasilitator kita tidak boleh memberikan jawaban kita sendiri terhadap masalah sebuah kelompok, bagaimana kita bisa membantu mereka? Sebagai satu titik awal, kita bisa menggunakan beberapa pertanyaan untuk merinci lebih jauh masalah yang sedang dibahas dan secara perlahan mendorong kelompok untuk menganalisis masalah itu.
Kombinasi pertanyaan-pertanyaan terbuka secara sekuensi seperti yang digambarkan dalam model tehnik bertanya bisa membantu kita. Pastikan bahwa ketika bertanya Anda tidak memasukkan gagasan Anda sendiri dalam pertanyaan itu. Misalnya, Apakah anda pernah mencoba ? atau Menurut saya, menggunakan pupuk itu cara terbaik. Bagaimana menurut Anda ?.
Enam Pertanyaan pembantu: Siapa, Kapan, Dimana, Apa, Bagaimana, Mengapa dapat juga dilihat dengan cara lain sebagaimana digambarkan pada model di atas. Pertanyaan pembantu dapat membantu Anda mencari berbagai jenis informasi dan mendorong terciptanya pemahaman bersama antar anggota kelompok dengan cara yang berbeda-beda. Pertanyaan Mengapa merupakan pertanyaan paling intens karena menggali apa yang menjadi nilai atau keyakinan kita dan jawabannya bisa jadi sangat personal sifatnya. Meskipun sangat penting bagi anggota kelompok untuk memahami nilai-nilai dan keyakinan sesama anggotanya, kadang-kadangclip_image002[7]
pertanyaan mengapa bisa dipandang sebagai agresif atau depensif. Sebagai seorang fasilitator, Anda harus sadar tentang kapan menggunakan pertanyaan mengapa. Anda masih bisa mendorong terjadinya sharing nilai atau keyakinan dengan menggunakan model segitiga untuk bertanya. Misalnya, daripada langsung bertanya, mengapa Anda bisa bertanya, Apa yang mendorong Anda untuk berpendapat seperti itu? Atau Bagaimana Anda sampai pada kesimpulan itu?
Kiat Menciptakan Pertanyaan yang Indah
Latar Belakang
Apa yang sudah Anda persiapkan untuk ?
Apa yang sudah pernah Anda coba selama ini?
Bisakah Anda ingat bagaimana hal itu terjadi?
Apa yang membuat Anda melakukan semua ini?
Identifikasi Masalah
Apa yang Anda lihat sebagai masalah?
Apa yang Anda lihat sebagai hambatan utama?
Apa paling membuat Anda khwatir terhadap?
Apa yang Anda pertimbangkan sebagai kesulitan utama?
Mencari Contoh
Bisa Anda memberikan sebuah contoh?
Apa contohnya?
Seperti apa, semisal?
Bisakah Anda memberikan gambarannya?
Penggambaran (Deskripsi)
Seperti apa, coba gambarkan?
Ceritakan saya tentang hal itu?
Apa yang terjadi?
Bisa Anda ceritakan dengan bahasa Anda sendiri?
Penilaian
Bagaimana perasaan Anda tentang hal ini?
Bagaiman Anda menilai hal itu?
Apa yang membuat hal ini seperti ini?
Apa yang menurut Anda terbaiuk dari hal itu?
Klarifikasi (Meminta Kejelasan)
Bagaimana pendapat Anda jika hal ini Anda anggap tidak masuk akal?
Apa yang membuat Anda bingung, bisa dijelaskan?
Bisakah Anda jelaskan Apa yang Anda maksud dengan?
Apa maksudnya?
Alternatif
Apa ada kemungkinan lain?
Jika Anda memiliki pilihan Apa yang akan Anda lakukan?
Apa jawaban yang paling mungkin?
Apa yang akan terjadi jika Anda lakukan dan Anda tidak lakukan hal itu?
Explorasi (Penggalian)
Bagaimana jika Anda menjelaskan lebih lanjut hal itu?
Apa ada sisi pandang lain untuk menjelaskan hal itu?
Apa reaksi Anda terhadap hal ini?

Pendalaman
Bisa Anda ceritakan lebih lanjut?
Apalagi?
Adakah hal lain yang ingin Anda tambahkan?
Apa yang bisa Anda lakukan dalam kasus yang seperti ini?
Gagasan apa lagi yang Anda miliki?
Perencanaan
Bagaimana Anda memperbaiki situasi ini?
Apa yang Anda rencanakan untuk mengatasi hal itu?
Apa yang Anda lakukan dalam kasus yang seperti itu?
Apa rencana yang Anda butuhkan untuk melakukan hal itu?
Prediksi dan Hasil
Apa yang Anda pikirkan akan bisa berhasil?
Apa yang pasti memiliki dampak besar?
Apa yang terjadi jika hal ini dilakukan atau hal ini tidak dilakukan?
Apa alur pikir dari kegiatan ini?
Alasan
Apa alasan Anda memilih langkah ini?
Bagaimana Anda menjelaskan hal ini?
Mengapa Anda begitu yakin dengan kegiatan ini?

Kegagalan
Apa yang akan terjadi jika hal ini tidak berhasil?
Apa yang akan terjadi jika hal ini tidak bekerja?
Bagaimana hal ini bisa berbeda dengan gagasan awal?
Apa ada rencana baru?
Relasi
Bagaimana hal ini cocok dengan perencanaan Anda?
Bagaimana hal ini berpengaruh pada kerjaan Anda?
Bagimana hubungan antara dua perencanaan yang berbeda?
Evaluasi
Apakah hal ini baik, buruk atau sedang-sedang saja?
Sesuai denga ukuran Anda, apakah kegiatan berhasil?