Blogger templates

Minggu, 30 Januari 2011

Persiapan & Cara Mencukur Rambut Bayi

TIDAK ada kekhususan mengenai waktu yang tepat. Waktu ini lebih banyak dipengaruhi oleh masing-masing kepercayaan, agama, adat maupun kebiasaan masyarakat yang dianut. Pahami persiapan dan cara tepat mencukur rambut si kecil.

Alat dan Bahan

Sebaiknya gunakan alat cukur manual mengingat kulit dan batok kepala bayi masih rentan, juga rambut masih tipis. Selain itu kita bisa mengontrol gerakan, kekuatan dan kedalaman pisau cukur serta menuntut kita untuk lebih cermat dan teliti dalam mengerjakannya, sehingga meminimalkan risiko terjadi luka pada kulit kepala bayi. Pisau cukur harus baru.

Alkohol 70 persen atau cairan antiseptik. Sterilkan alat dan pisau cukur dengan menggunakan alkohol 70 persen atau cairan antiseptik sebelum digunakan.
Antibiotik topikal untuk dioleskan setelah pencukuran selesai.

Persiapan Bagi si Pencukur

Orang yang akan mencukur hendaknya sudah berpengalaman dalam mencukur rambut bayi dan anak-anak. Umumnya pria lebih berpengalaman dalam hal mencukur dibandingkan wanita.

Sebelum mencukur rambut, cucilah tangan dengan sabun maupun antiseptik. Idealnya pencukur rambut menggunakan sarung tangan yang steril.

Persiapan Bayi Sebelum Dicukur

1. Pencukuran sebaiknya dilakukan saat rambut dalam keadaan bersih. Jadi, sebelumnya rambut bayi harus dibersihkan lebih dulu (keramas).

2. Usahakan bayi dalam keadaan tidur untuk mempermudah pencukuran.

Cara Mencukur Rambut Bayi


  • Posisikan kepala bayi dengan leher tersangga senyaman mungkin untuk dilakukan pencukuran.
  • Cukurlah rambut bayi searah dengan arah pertumbuhan rambutnya. Hal ini akan meminimalkan rasa sakit yang mungkin timbul saat pencukuran.
  • Lakukan pencukuran dengan lembut dan hati-hati. Jangan sampai melukai kulit kepala.
  • Setelah selesai, basuh dan bersihkan sisa-sisa rambut di kepala bayi menggunakan air hangat. Kemudian oleskan antibiotik topikal untuk menghindari risiko terjadinya infeksi pascapencukuran.


Penting! Akibat Alat Kurang Tepat

Bila tidak hati-hati, beberapa masalah dapat timbul seputar pencukuran rambut bayi lantaran penggunaan alat yang kurang tepat, yakni:

1. Luka dan parut bekas luka. Luka dapat terjadi selama proses pencukuran. Penggunaan alat cukur yang terlalu dalam atau kurang tajam sering kali menimbulkan luka pada kulit kepala bayi. Luka lecet, biasanya akan sembuh dengan sempurna dan rambut dapat kembali tumbuh.

Namun luka yang dalam juga dapat mengenai folikel rambut. Setelah sembuh dapat menimbulkan parut dan pada tempat tersebut biasanya tidak bisa ditumbuhi rambut.

2. Folikulitis. Merupakan infeksi bakteri yang ditandai dengan timbulnya lenting-lenting kecil berisi nanah di seputar folikel rambut. Infeksi ini dapat disebabkan sterilisasi alat kurang baik, maupun persiapan orang yang mencukur dan persiapan bayi yang kurang tepat. Selain itu folikulitis juga bisa terjadi bila rambut yang tumbuh tidak bisa keluar ke permukaan kulit namun justru tumbuh di bawah kulit (ingrown hair).

3. Infeksi jamur. Biasanya timbul akibat penggunaan pisau cukur yang sudah terkontaminasi elemen jamur sebelumnya. Pisau cukur yang digunakan secara bergantian berisiko untuk memindahkan sumber infeksi dari satu orang ke orang lain.



0 komentar:

Posting Komentar